Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Karawang Lakukan Pengawasan Ketat ASN

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, KARAWANG– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang akan melakukan pengawasan ketat terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang Kursin Kurniawan mengatakan, pengawasan ketat yang akan dilakukan Bawaslu, karena adanya informasi dari masyarakat soal netralitas ASN yang harus diwaspadai di Pilkada 2020 mendatang.

“Pasalnya, mobilitas ASN saat Pilkada lebih kencang dibanding Pemilu atau pemilihan tingkat nasional,” kata Kursin, Selasa (19/11).

Menurutnya, saat-saat menjelang Pilkada, biasanya akan muncul benturan kepentingan yang terjadi di internal para ASN.

Sebenarnya lanjut dia, ASN sendiri tidak mau melakukan pelanggaran. Akan tetapi karena tuntutan dari berbagai pihak akhirnya melakukan pelangaran.

“Kitannya juga dengan kepentingan naik jabatan, dan sebagainya,” ujarnya.

Pihaknya pun tidak ingin kasus ketidaknetralan ASN terjadi pada pilkada mendatang. Sehingga, Bawaslu sudah bekerjasama dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) membuat Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara, Anggota Tentara Nasional Indonesia, Dan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Hal ini baginya menjadi pekerjaan rumah Bawaslu dalam meningkatkan kinerja pengawasannya terutama pengawasan netralitas ASN,” pungkasnya.

(yud/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.