Janggal, Ratusan Hektar Sawah Produktif di Karawang Disulap Jadi Area Perumahan

Sawah produktif 2 desa di Kabupaten Karawang./Foto: Istimewa

Sawah produktif 2 desa di Kabupaten Karawang./Foto: Istimewa

POJOKJABAR.com, KARAWANG– Ratusan hektar sawah produktif di Desa Sukasari dan Desa Karangsari, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, disulap menjadi area perumahan komersil.

Pantauan Pojokjabar.com di lapangan dan menurut informasi dari berbagai sumber, area lahan tersebut merupakan area lahan pertanian sawah teknis.

Artinya, sawah teknis sistem infrastruktur pengairan pertanian dibangun dan dipelihara seluruhnya oleh pemerintah baik itu bendungan, saluran primer, sekunder dan tersier.

Sekretaris Desa Sukasari Kecamatan Purwasari, Undang Solihin mengatakan, luas lahan pertanian sawah di wilayah Desa Sukasari yaitu kurang lebih 300 hektar.

Dari total luas 300 hektar itu, kata dia, 40% sudah dibangun perumahan.

Sawah produktif 2 desa di Kabupaten Karawang

Sawah produktif 2 desa di Kabupaten Karawang./Foto: Istimewa

 

“Sawah di sini memang sawah teknis,” ucap Undang, kepada Pojokjabar.com, Selasa (20/8/2019).

Menurut Undang, terkait penggunaan saluran irigasi yang digunakan perumahan teknisnya ia mengaku tidak tahu.

“Saya tidak tahu, apakah sudah mengantongi izin apa belum dari dinas terkait, baiknya tanyakan saja ke pengairan,” katanya.

Sawah produktif 2 desa di Kabupaten Karawang

Sawah produktif 2 desa di Kabupaten Karawang./Foto: Istimewa

 

Undang menambahkan, saat ini Desa Sukasari oleh pemerintah sudah diplot sebagai zona kuning. Artinya tidak mungkin pengembang berinvestasi di wilayah yang bukan peruntukanya.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Karangsari, Ahmad Gaos, mengaku tidak tahu menahu terkait di wilayahnya menjadi zona perumahan, karena semua sudah diplot oleh Pemda bahwa Desa Karangsari adalah zona kuning.

 

“Saya tidak tahu wilayah yang diplot pembebasan lahan sawah dijadikan perumahan, karena itu ditentukan pihak Pemda,” kata Ahmad Gaos.

pesawahan

Sawah (ilustrasi)

 

Menurut Gaos, di wilayah Desa Karangsari saat ini terdapat 150 hektar lahan pesawahan. “Kurang lebih baru 10 hektar yang sudah dibangun perumahan, kalau terkait masalah izin tanyakan saja, Pa, ke Pemda, saya tidak tahu,” tandas Gaos.

Untuk diketahui, Provinsi Jawa Barat merupakan Lumbung Padi Nasional nomor dua setelah Jawa Timur, berdasarkan data rilisan Badan Pusat Statistik tahun 2018.

Untuk Kabupaten Karawang merupakan salah satu wilayah yang banyak pihak mengkhawatirkan akan berpengaruh buruk terhadap predikat tersebut.

(Ega/Pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds