Cara HJCI Purwasuka Belajar Sejarah pada HUT RI ke-74

HJCI Purwasuka./Foto: Rmol

HJCI Purwasuka./Foto: Rmol

POJOKJABAR.com, KARAWANG– Pada momen kemerdekaan, banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat maupun komunitas dalam mensyukuri perjuangan para pahlawan bangsa.

Salah satunya melakukan napak tilas kemerdekaan seperti yang dilakukan komunitas otomotif Honda Jazz Club Indonesia (HJCI) Purwasuka.

Para Honda Jazz Mania itu berkunjung ke rumah bersejarah di Rengasdenglok, Kabupaten Karawang, Minggu (18/8).

“Kita ingin mengetahui perjalanan pahlawan bangsa dalam memerdekan Indonesia, apalagi rumah ini bersejarah,” ujar Ardiyana, anggota HJCI Purwasuka.

Selain itu, dirinya ingin memperlihatkan bahwa komunitas otomotif bukan hanya sekedar touring biasa, tetapi belajar sejarah terutama pada generasi muda.

“Tidak ingin identik dengan konvoy saja, tapi konvoy sembari belajar sejarah,kan banyak yang masih muda ada yang berkeluarga jadi kita belajar banyak,” jelasnya.

Terlebih anggota dari HJCI Purwasuka, sebagian besar berdomisili dari Kabupaten Karawang.

Menurut Ardiyana, menjadi kebanggaan tersendiri bisa mengungjungi rumah yang disebut oleh masyarakat sekitar sebagai rumah soekarno.

Rumah Soekarno di Rengasdengklok memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Sebelumnya, Soekarno diculik oleh aktivis muda untuk segera memproklamirkan kemerdekaan setelah jepang menyerah kepada Amerika.

“Apalagi kebanggaan bagi kami sebagai masyarakat Karawang, bahwa daerah kami memiliki nilai sejarah dalam kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

(gan/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds