Ridwan Kamil Periksa Minyak Tumpah di Laut Karawang, Hasilnya Begini

Kondisi minyak tumpah di Laut Karawang (ega)

Kondisi minyak tumpah di Laut Karawang (ega)

POJOKJABAR.com, KARAWANG— Gubernur Jabar Ridwan Kamil terjun ke lokasi pencemaran minyak tumpah di laut di Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Selasa (7/8/2019).

Kasus kebocoran proyek Hulu Energi sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ONWJ) milik Pertamina di pesisir pantai utara Karawang, jadi perhatian khusus Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil.

Dalam kunjungannya itu, Gubernur didampingi langsung oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

“Saya bilang agar masyarakat tidak perlu khawatir, karena pihak Pertamina akan bertanggung jawab sepenuhnya,” ujar Emil.

Emil mengatakan, Pertamina berjanji akan bertanggung jawab dan akan menyelesaikan secepatnya soal tumpahan minyak yang sudah mencemari perairan laut Karawang tersebut.

“Saat ini penanggulangan pengumpulan minyak mentah tersebut baru mencapai 30 %. Mudah-mudahan dalam jangka waktu 10-14 hari kedepan, pembersihan minyak tersebut bisa selesai 100%,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati memastikan bahwa Pertamina berkomitmen untuk melakukan penanggulangan (recovery) hingga tuntas.

Kompensasi sosial bagi masyarakat akan dilakukan secepatnya.

“Mengenai ganti rugi kita akan lakukan secepatnya. Namun kami masih berkoordinasi dengan pemda dan dinas terkait lainnya untuk bersama-sama merumuskan dan menetapkan standar nilai kompensasi untuk masyarakat,” ujarnya.

 

Ridwan Kamil memeriksa minyak tumpah di Laut Karawang (ega)

Ridwan Kamil memeriksa minyak tumpah di Laut Karawang (ega)

(ega/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds