Ratusan Ibu di Karawang Protes Pencemaran Bendung Barugbug

Protes ibu-ibu terdampak pencemaran limbah di Karawang, Senin (22/7/2019)./Foto: Ega

Protes ibu-ibu terdampak pencemaran limbah di Karawang, Senin (22/7/2019)./Foto: Ega


POJOKJABAR.com, KARAWANG– Ratusan warga yang tinggal dekat Bendung Barugbug, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang protes atas pencemaran limbah pabrik yang mengeluarkan bau busuk.

Warga mengaku kecewa lantaran aliran sungai yang mengalir ke wilayah mereka tercemar oleh limbah pabrik yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang.

“Baunya sangat menyengat tidak sedap dan sangat menganggu,” ujar Mimin (37), warga sekitar Bendung Barugbug, Senin (22/7/2019).

Penyebab kekesalan warga, hingga kini Pemkab Karawang terkesan lamban menangani masalah pencemaran yang sudah terjadi puluhan tahun tersebut.

Tokoh masyarakat Desa Mekarsari Otto Sundawan juga mengungkapkan hal yang sama. Menurut Otto, sebagian warga Mekarsari yang wilayahnya terlintasi aliran sungai Bendung Barugbug sangat terganggu dengan aroma bau busuk yang harus mereka hirup setiap hari.

 

Protes ibu-ibu terdampak pencemaran limbah di Karawang

Protes ibu-ibu terdampak pencemaran limbah di Karawang, Senin (22/7/2019)./Foto: Ega

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang, Wawan Setiawan, mengatakan bahwa pencemaran limbah industri di sungai tersebut telah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

“Pencemaran air sungai dan Bendungan Barugbug itu sangat terasa dan terlihat jelas setiap musim kemarau,” ujar Wawan.

Lagi-Lagi Kali Bekasi Dicemari Limbah

Ilustrasi Kali Tercemar Limbah.

 

Menurut Wawan, setiap musim kemarau, kondisi air sungai dan bendungan berwarna hitam pekat dan menimbulkan bau tak sedap.

“Pencemaran itu telah dilaporkan ke provinsi dan ke kementerian. Sumber pencemarannya industri di wilayah Subang dan Purwakarta,” ungkapnya.

Kondisi Bendung Barugbug Karawang

Kondisi Bendung Barugbug Karawang tercemar limbah./Foto: Ega

(Ega/Pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.