Libur Lebaran Selesai, Pencaker Berburu Syarat-Syarat Kerja

Ratusan pencaker antri di pelayanan SKCK Polres Indramayu. Yanto/pojokjabar

Ratusan pencaker antri di pelayanan SKCK Polres Indramayu. Yanto/pojokjabar

POJOKJABAR.com, INDRAMAYU – Ikut mengadu nasib dengan menjadi perantau menjadi pilihan bagi sebagian orang dalam menutup libur Lebaran 2019.

Kembali normalnya aktifitas perusahaan di kota-kota besar menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat pedesaan untuk bisa bekerja. Harapanya hanya satu, menjadi orang sukses. Apalagi banyak teman sekampung halaman yang sudah sukses ditanah perantauan.

Selain materi untuk menyambung hidup selama diperantauan, ada hal penting yang harus dipenuhi para calon Pencari Kerja (Pencaker) yakni persyatan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

“Surat lamaran kerja, ijazah, KTP, Nomer Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK),” jelas Rusdi (19) salah satu pencaker saat memaparkan sejumlah persyaratan untuk mencari kerja.

Dirinya pun rela meskipun harus menunggu lama karena panjangnya antrian asalkan persayaratan tersebut terpenuhi. Karena akan digunakan untuk melamar kerja sebagai buruh pabrik di kota-kota besar.

“NPWP sudah selesai (jadi), tinggal SKCK,” katanya.

Remaja lulusan salah satu SMA di Indramayu itu mengaku keinginannya untuk merantau ke kota-kota besar karena diajak teman yang sudah lebih dahulu kerja dikota besar.

“Diajak teman, katanya ada lowongan kerja di pabrik di Daerah Bekasi,” terangnya.

Iis (18) Pencaker lainya menambahkan, selama belum mendapat pekerjaan untuk sementara tinggal dirumah temanya. Termasuk meminta informasi terkait pabrik yang tengah membutuhkan banyak pekerja.

“Numpang di kontrakan temen dahulu, lumayan bisa menghemat uang,” cetusnya.

Disinggung terkait modal yang sudah dikeluarkan untuk membuat persyaratan kerja tersebut mengaku sudah banyak keluar uang.

“Untuk beli bensin, makan dan minum,foto copy, hingga jasa lainya,” katanya.

(pri/pojokjabar)

loading...

Feeds