PT. KAI Gelar Baksos Rail Clinic di Stasiun Jatibarang Indramayu

PT KAI Daop 3 gelar bakti sosial Rail Clinic di stasiun Jatibarang, Indramayu, Selasa (26/3/2019). Kirno/pojokjabar

PT KAI Daop 3 gelar bakti sosial Rail Clinic di stasiun Jatibarang, Indramayu, Selasa (26/3/2019). Kirno/pojokjabar

POJOKJABAR.com, INDRAMAYU – PT. Kereta Api Indonesia, Persero (KAI) berkomitmen membangun negeri dengan integritas, dedikasi, dan inovasi untuk terus memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Melalui Rail Clinic di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan bantuan kesehatan gratis kepada 400 masyarakat sebagai wujud kepedulian sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) KAI di bidang kesehatan.

Kereta Kesehatan atau yang biasa disebut dengan Rail Clinic sudah 4 kali memberikan bantuan layanan kesehatan di sekitar jalur KA di wilayah Daop 3 Cirebon selama 4 tahun terakhir.

Untuk tahun ini, hari ini layanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic dan Rail Library dihadirkan untuk masyarakat Kabupaten Indramayu, tepatnya masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardojo mengatakan bahwa KAI mengundang sebanyak 400 masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis mulai pukul 08.00 hingga14.00 WIB di dalam Rail Clinic yang dihadirkan di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

“Masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama dengan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic generasi ke-4 yang meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana, penyuluhan kesehatan, serta pelayanan kefarmasian, ” kata Kuswardojo kepada Pojokjabar.com, Selasa (26/3/2019).

Pada pelaksanaan kegiatan bakti sosial tersebut, PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 6 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 2 bidan, 2 apoteker, 1 analis, 1 asisten apoteker, dan 7 paramedis.

Pada kegiatan yang sama, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis untuk 45 siswa dan siswi SD di UPT Pendidikan Jatibarang.

Pembagian kacamata diberikan kepada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata.

Selain pembagian kacamata, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengundang siswa dan siswi dari SDN 1 dan 2 Jatibarang, SDN 1, 2, 3 Bulak Lor, SD PUI, dan SD Santo Yusuf untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan tentang keselamatan perkeretaapian.

Kuswardojo menambahkan, pada Rail Clinic generasi 4 ini terdapat juga Rail Library atau Kereta Pustaka.

Siswa/i serta masyarakat sekitar Stasiun Jatibarang juga dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Rail Library tersebut yang di dalamnya menyediakan ratusan buku bacaan, dan dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak yang terkoneksi dengan internet.

“Pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic ini sudah menjadi program rutin PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian KAI kepada masyarakat disekitar jalur KA. Semoga dengan adanya layanan Rail Clinic generasi ke-4 di Stasiun Jatibarang ini, dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar, serta membuat masyarakat semakin mencintai kereta api dengan lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api,” ujarnya.

Dalam kegiatan bakti sosial pengobatan gratis Rail Clinic ini, hadir Muspika Kecamatan Jatibarang dan masyarakat, hingga pengobatan gratis ini di sambut atusias oleh warga setempat dan wargapun berbondong -bondong mendatangi pengobatan gratis yang di gelar oleh PT. Kereta Api Indonesia.

(kir/pojokjabar)

loading...

Feeds