Manfaatkan Tekonologi, Gubernur Jabar Dorong Resmikan Desa Digital

Peresmian Desa Digital di Indramayu, Senin (10/12/2018)./Foto: Yanto

Peresmian Desa Digital di Indramayu, Senin (10/12/2018)./Foto: Yanto

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, INDRAMAYU– Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan desa digital, salah satu realisasi program dari visi digital inklusi Pemerintah Provinsi Jabar. Senin (10/12), di Desa Puntang, Kecamatam Losarang, Kabupaten Indramayu.

Launching desa digital tersebut bertujuan agar khususnya sektor perikanan di Daerah Provinsi Jabar maksimal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, hanya cukup dengan menggunakan kecanggihan tekonologi yang sudah ada digenggaman tangan berupa Handphone.

“Desa digital akan dikembangkan sebanyak 5300 desa di Jabar,”terangnya.

Oleh karena itu, para petambak ikan wajib memiliki HP Android, dan media sosiak, sehingga marketing produk, tukar pengalaman dan informasi lainya bisa dilakukan dengan cepat.

” WhatsApp group untuk komunikasi, dan medsos lainya untuk marketing,” katanya.

Ridwan Kamil optimis, melalui desa digital efesiensi pakan, hingga terpangkasnya calo, dengan begitu penjual dan pembeli lancar berkomunikasi dalam berbisnis. Penjualan ikan lele di Desa Puntang yang biasanya 1 Trilyun Rupiah/tahun, pasca memanfaatkan teknologi tersebut, Ridwan Kamil memprediksi akan naik menjadi 2 Trilyun Rupiah/tahun.

“Masyarakat desa tidak perlu lagi pergi ke kota, karena negara hadir di desa,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu Supendi, sangat mengapresiasi program yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jabar. Karena sangat membantu petani tambak ikan. Pihaknya berharap program tersebut terus terlaksana, sehingga masyarakat Indramayu lebih sejahtera.

“Pemberian makan ikan bisa tepat waktu dan pas dengan jumlah takaranya,” tutur Wakil Bupati Indramayu Supendi.

Disampaikan juga oleh Supendi, dari sebanyak 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu, Kecamatan Losarang, Kandanghaur, dan Sindang merupakan derah yang petambak ikan lele.

“Yang paling besar di Desa Krimun dan Puntang Kecamatan Losarang,” pungkasnya.

(pri/pojokjabar)

loading...

Feeds