Melirik Kawasan Kota Tua Cirebon Bergaya Kolonial Belanda, Cocok Lokasi Swafoto

Javanese Bank yang kini dijadikan gedung Bank Indonesia di Kota Cirebon. (alwi)

Javanese Bank yang kini dijadikan gedung Bank Indonesia di Kota Cirebon. (alwi)

POJOKJABAR.com, CIREBON– Di wilayah Cangkol, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, terdapat bangunan-bangunan tua bergaya kolonial Belanda.

Bangunan tersebut masih kokoh berdiri dan terlihat indah sampai kini. Bahkan, kawasan tersebut, digadang-gadang bisa menjadi potensi wisata kota tua, jika pemerintah setempat mengurusinya.

Di antara bangunan-bangunan tua bergaya kolonial Belanda di kawasan tersebut, adalah BAT (British American Tobaccos), Pelabuhan Cirebon, Gedung Bundar, Javanese Bank, Cipta Niaga, Kantor Pos, dan Gereja St Yusuf.

Gedung BAT di wilayah Cangkol Kota Cirebon. (alwi)

Gedung BAT di wilayah Cangkol Kota Cirebon. (alwi)

Kesemuanya adalah bangunan didirikan kolonial Belanda, pada abad ke-20 awal. Bangunannya juga tampak corak Eropa yang memiliki sejarah berdirinya pemerintahan Kota Cirebon.

“Sebenarnya kawasan itu (Cangkol) wisata kota tuanya Cirebon. Di sana banyak bangunan kuno bergaya kolonial Belanda dan saksi kedatangan Belanda di Cirebon,” ujar Raffan S Hasyim, Sejarawan Cirebon, Jumat (9/11/2018).

Paling menarik, di kawasan itu, adalah berdirinya gedung BAT (British American Tobaccos), yang kini dijadikan warga sekitar sebagai objek swafoto.

(alw/pojokjabar)

loading...

Feeds

Lomba PMR yang diselenggarakan di SMPN 21  Bekasi. (ist)

SMPN 21 Bekasi Gelar Kibar ke-IX

PALANG Merah Remaja (PMR) SMP Negeri 21 Kota Bekasi gelar kibar aksi persahabatan dalam lomba sepulau Jawa-Lampung. Perlombaan yang terselenggara …