Puluhan Siswa Sekolah di Karawang Terpaksa Belajar di Teras Sekolah Setiap Hari

BELAJAR : Kekurungan ruang kelas, puluhan siswa SDN Jaya Makmur belajar di teras sekolah./Foto: KBE

BELAJAR : Kekurungan ruang kelas, puluhan siswa SDN Jaya Makmur belajar di teras sekolah./Foto: KBE

Cari Aman

POJOKJABAR.com, KARAWANG– Puluhan siswa SDN Jaya Makmur 3, Kecamatan Jayakerta terpaksa harus belajar di teras sekolah setiap hari. Sekolah tersebut hingga kini hanya memiliki 3 ruang kelas. Dimana ketiga kelas tersebut keadaannya memprihatinkan.

Seperti diungkapkan, Kepala SDN Jaya Makmur, Lilis mengatakan, kondisi belajar mengajar di teras sekolah.

Karena siswa yang ke bagian belajar di dalam kelas hanya 21 rombel.

“Sebanyak 21 rombel itu menempati 11 ruang kelas, enam kelas darurat, dua laboratorium, dan dua lagi ruang guru yang sebelumnya adalah ruang laboratorium,” ungkap Lilis kepada KBE, Selasa (25/9).

Lilis mengaku, proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas sangat tidak kondusif.

Siswa menjadi tidak konsentrasi dan lebih banyak bermain dari pada belajar.

“Dulu saya sempat capek sekali untuk membuat agar para siswa mau memperhatikan apa yang saya ajarkan. Tapi perlahan-lahan sekarang anak-anak sudah terbiasa. Jadi aktivitas KBM sudah bisa lancar kembali,” katanya.

Sementara itu, salah seorang guru, Ika Hernani menuturkan, keadaan taman-taman bermainnya pun juga kurang memadai. Masih banyak yang harus diperbaiki. Berbicara masalah halaman sekolah, sungguh memprihatinkan.

“SDN III Jaya Makmur tersebut tidak cukup memiliki halaman sekolah yang luas. Hal ini terbukti pada saat teman-teman KKN mengajarkan senam di sekola. Kami hanya mampu memberikan pelatihan senam di depan halaman rumah warga. Karena halaman sekolah SDN ini tidak mampu untuk melakukan kegiatan senam,” terang Ika.

Ia berharap, pemerintah dapat memperhatikan nasib belajar siswa di sekolah. dengan cara menambah beberapa ruang kelas baru. Tujuannya agar seluruh siswa SDN III Jaya Makmur dapat masuk ke dalam kelas tanpa harus ada yang belajar di teras sekolah.

(odk/KBE/pojokjabar)


loading...

Feeds

Pileg 2019

Jangan Asal Pilih Dewan di 2019

Masyarakat diminta cerdas memilih wakil rakyat di 2019. Sebagai corong aspirasi, DPRD Kabupaten Bekasi harus diisi para anggota dewan yang …