Meriahkan Kemerdekaan RI, Warga Kotabaru Karawang Gelar Karnaval

SERU : Karnaval perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Kotabaru terlihat seru. FOTO: ASEP SOPIAN/RADAR KARAWANG

SERU : Karnaval perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Kotabaru terlihat seru. FOTO: ASEP SOPIAN/RADAR KARAWANG

Cari Aman

POJOKJABAR.com, KARAWANG – Kemeriahan hari kemerdekaan Republik Indonesia nampak di lapangan Kecamatan Kotabaru. Hal itu terlihat dari antusias warga dari beberapa desa yang menggelar karnaval setelah upacara selesai.

Masing-masing desa, mulai dari anak-anak sampai yang tua menampilkan kreasi unik dengan beragam tema. Ada yang berdandan layaknya seorang kakek tua yang sedang disiksa Belanda, ada yang berdandan seperti tentara, dan berbagai kreasi unik lainnya.

Frediyana, salah seorang peserta karnaval dari Pangulah Utara mengatakan, sangat antusias mengikuti kegiatan karnaval setiap setahun sekali ini. Ditengah teriknya matahari, ia rela berjalan kaki menuju lapangan kecamatan dengan tubuh dipenuhi cat dan pernak pernik lain sebagai hiasan dalam karnaval tersebut. ”Setiap tahun kami selalu ngadain karnaval dan titik akhirnya di kecamatan,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang ia korbankan saat ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan pengorbanan para pendahulu bangsa yang sampai mengorbankan nyawa untuk kemerdekaan Indonesia. ”Sekarang kita cuma memperingati dan memeriahkan saja, tidak harus berperang. Makanya wajar jika setahun sekali kita ikut memeriahkan. Pengorbanannya cuma muka sama badan dicat doang,” ungkapnya.

Dedi Setiadi, Camat Kotabaru mengatakan, setiap tahun memang selalu ada warga yang menggelar karnaval dan berkumpul di lapangan kecamatan. Namun di tahun sekarang, pesertanya sedikit bertambah. ”Tahun sekarang banyak yang datang, biasa paling dari Pangulah Utara yang pasti datang,” ujarnya.

Sementara itu, Alih Miharja Kepala Desa Wancimekar mengaku sangat senang melihat salah satu rombongan karnaval dari Dusun Karajan Desa Wancimekar. Padahal, ia tidak mengintruksikan pada warga tersebut untuk menggelar karnaval. ”Senang pas tadi lihat ada dari Dusun Karajan. Itu atas inisiatif masyarakat, bapak tidak menyuruh padahal,” ungkapnya.

Di tahun yang akan datang, lanjut Alih, ia akan mengajak semua warga Desa Wancimekar dari berbagai dusun untuk membuat kreasi unik dan berkumpul di lapangan kecamatan. ”Insa Allah tahun depan Bapak akan mengajak semua warga untuk sama-sama memeriahkan hari kemerdekaan agar terbentuk jiwa nasionalisme dalam setiap warga Wancimekar,” ujarnya.

(RK/cr2/pojokjabar)


loading...

Feeds

DM Instagram

2 Pendiri Instagram Undurkan Diri

CO-Founder Facebook Inc Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan besar tersebut. Pada Senin, …