Arak-arakan Naga Penolak Bala di Tuparev, Seribu Peserta Ramaikan Cap Go Meh di Karawang

LAUTAN NAGA: Arak-arakan naga menjejali Jalan Tuparev saat perayaan Cap Go Meh, Minggu (11//3/18).

LAUTAN NAGA: Arak-arakan naga menjejali Jalan Tuparev saat perayaan Cap Go Meh, Minggu (11//3/18).

Cari Aman

POJOKJABAR.com, KARAWANG – Alunan genderang tetabuhan yang sambung menyambung menjadi irama yang khas menggema, Minggu (11/3/18).

Aroma hio menyeruak, naga atau liong, barongsai, dan dewa diarak oleh peserta perayaan Cap Go Meh dari berbagai daerah. Puluhan ribu orang pun memadati Jalan Tuparev yang menjadi pusat acara tersebut.

Tidak hanya itu, dalam perjalanan arak-arakan liong dan barongsai mampir ke rumah dan toko yang dilewatinya. Kebanyakan pemilik rumah ataupun toko telah menyiapkan angpau untuk para pemain liong dan barongsai.

CGM-Karawang

Pemberian angpau tersebut merupakan ungkapan terima kasih kepada liong dan barongsai. Dipercaya, hewan yang menyimbolkan naga dan singa itu dapat menolak bala.

Tidak kurang seribu peserta memeriahkan acara yang diawali dengan ritual doa di Kelenteng Kwanteekoen. Kemudian mereka melintasi panggung utama yang dihadiri oleh istri Presiden RI ke-4 Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Kapolres Karawang AKBP Hendy F Kurniawan, Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Ayi Yosa.

Sedangkan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dikabarkan sedang berada di Bogor. Ketua Panitia Cap Go Meh Herry wiratma menyampaikan, ada 60 kelompok yang hadir sebagai peserta.

Mereka dari Karawang, Jabodetabek, Jawa Tengah hingga Kalimantan. ”Kami berharap Karawang agar tetap aman, nyaman dan damai, sejahtera,” ujarnya kepada Radar Karawang (Pojoksatu.id Group).

Seorang peserta Cap Go Meh asal Bandung, Awakwan menyampaikan, dirinya datang bersama rombongan sebanyak 2 bus. Kehadiran mereka selain memeriahkan acara Cap Go Meh di Karawang, juga karena di Kota Bandung tidak dilakukan acara serupa. ”Kita rayakan semua disini,” ujarnya.


loading...

Feeds

Syahrini

3 Alasan Syahrini Belum Juga Menikah

Penyanyi sensasional Syahrini membeberkan alasan kenapa dirinya belum menikah hingga saat ini. Dia mengaku punya tiga alasan belum menikah meski …