Sebanyak 129 PNS di Kuningan Bakal Pensiun Tahun Ini, BKPSDM Jelaskan Ini

Ilustrasi PNS./Foto: Istimewa

Ilustrasi PNS./Foto: Istimewa

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, KUNINGAN– Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kuningan memaparkan hasil verifikasi, validasi dan proses rekonsiliasi pihaknya yang melibatkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta. Jumlah usulan berkas pensiun golongan ruang IV/c ke atas tersebut tinggal ditetapkan Surat Keputusan Pensiunya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kuningan Uca Somantru.

Ia menambahkan, sejumlah 129 orang Pegawai Negeri Sipil golongan ruang IV/c ke atas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan memasuki masa pensiun pada 2018 ini, dengan rincian, golongan IV/b 109 orang, golongan IV/c 17 orang, golongan IV/d 2 orang, dan golongan IV/e 1 orang.

“Pada tanggal 14 sampai 15 September 2017 silam, kami dari BKSDM Kabupaten Kuningan dengan jumlah personil 6 orang, dan dari pihak BKN Jakarta juga sebanyak 6 orang, selama dua hari itu telah melaksanakan kegiatan Rekonsiliasi Data Pensiun Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 Golongan Ruang IV/c Ke Atas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan di Hotel Horison Tirta Sanita,” ungkap Uca kepada RMOLJabar, Minggu (14/1).

Diterangkan Uca, kegiatan tersebut tujuannya dalam rangka verifikasi dan validasi berkas usulan pensiun, serta proses rekonsiliasi data pensiun yang memasuki batas usia pensiun (BUP) sebagai dasar dalam penetapan Surat Keputusan Pensiun kepada PNS tahun 2018 golongan ruang IV/c ke atas di Lingkungan Kabupaten Kuningan agar tepat waktu dan tepat sasaran.

Baca juga: Beredar Jarkom Formasi CPNS di Karawang, Ini Kata BKPSDM

Uca menjabarkan, tugas pokok tim BKN Jakarta dalam sidang tersebut di antaranya, pertama menerima, melakukan verifikasi dan validasi berkas usulan, serta proses rekonsiliasi data pensiun BUP, kedua melakukan entry data hasil verifikasi berkas pensiun untuk pertimbangan teknis, dan ketiga melakukan penandatanganan Surat Keputusan Pensiun.

Sedangkan dari tim BKPSDM Kuningan, sambung Uca, melakukan tugas antara lain, pertama menerima, melakukan verifikasi dan validasi terhadap berkas usulan pensiun BUP dari SKPD, kedua melakukan koordinasi dengan Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara Bandung, ketiga melakukan koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melengkapi kekurangan berkas pensiun.

“Kemudian tugas keempat kami melakukan validasi kekurangan berkas pensiun, kelima memasukan data pensiun ke SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian), serta tugas keenam tim kami adalah menyiapkan berkas untuk bahan proses rekonsiliasi data pensiun,” tandasnya.

(mar/rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds