Nikmati Pesona Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan

Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan./Foto: Rmol

Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan./Foto: Rmol

Cari Aman

POJOKJABAR.com, KUNINGAN– Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan ini yang terletak kurang lebih 20 KM dari pusat pemerintahan Kabupaten Kuningan semakin mempesona wisatawan.

Pesona alamnya, sejarah, budaya, seni, hingga sumber daya manusia yang ada di sana. Harmonis.

Bahkan desa yang merupakan binaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Kabupaten Kuningan, serta institusi pendidikan STP Pasca Sarjana Universitas Trisakti Jakarta itu tak hanya mampu menjadi destinasi menarik untuk para turis.

Destinasi ini mampu mengundang minat para penggiat pariwisata dari berbagai daerah, baik yang berada di Pulai Jawa, Sumatera, dan lainnya di nusantara untuk datang berkunjung dan menimba ilmu pengelolaan sektor wisata pedesaan dengan baik di desa yang berada di lereng bagian utara gunung Ciremai tersebut.

Seperti diakui Imam Budiman salah seorang pengurus mitra Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Provinsi Jawa Tengah yang sempat menimba ilmu di Desa Wisata Cibuntu, pada rangkaian kegiatan temu mitra Pokdarwis di tahun 2016 silam.

Baca juga: Bina Marga Tanggapi Jalan ‘Ancur’ Cibuntu Sukabumi

Menurut Imam, jika bicara keindahan alam dan situs, hal itu di Jawa Tengah juga banyak ditemui, namun kelebihan di Desa Wisata Cibuntu adalah kesadaran masyarakatnya dalam mengelola potensi yang dimiliki, sekaligus kesadaran dalam menerapkan sapta pesona wisata.

Desa wisata Cibuntu dibangun secara gotong royong oleh seluruh komponen masyarakatnya, dengan menjadikan desa mereka sebagai wilayah yang alami, indah, dan bersih. Disamping itu, dengan kesadaran tinggi mereka juga sudi menjaga dan memelihara situs-situs yang berada di pekarangan rumah mereka, sehingga benda-benda purbakala itu bisa tetap lestari, meski berada diantara kesibukan aktivitas sehari-hari penduduk desa,” ungkap Imam kapada RMOLJabar (Grup PojokSatu.id), Sabtu (13/1).


loading...

Feeds