Hore, IPM Kabupaten Kuningan Tahun 2107 Naik, Begini Penjelasan Bupati Kuningan

Ilustrasi

Ilustrasi

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, KUNINGAN– Bupati Kuningan Acep Purnama di sela-sela acara apel pagi di halaman Setda Kabupaten Kuningan mengungkapkan kebahagiaan dan rasa terima kasihnya kepada jajaran SKPD yang menurutnya sudah menciptakan Kabupaten Kuningan dengan kondisi sosial yang semakin mantap.

Hal itu diutarakannya lantaran angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kuningan tahun 2017 naik 0,71 persen dari tahun 2016. Capaian itu tak lepas dari kerja keras jajaran SKPD di lingkup Pemkab Kuningan.

Adapun indikator utama yang dijadikan alat ukur IPM, kata Acep, yaitu kesehatan, pendidikan dan daya beli. Indeks kesehatan Kabupaten Kuningan digambarkan oleh angka harapan hidup pada suatu wilayah, yang saat ini Kabupaten Kuningan berada pada urutan ke-8 dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Sementara, indeks pendidikan Kabupaten Kuningan digambarkan oleh harapan lama sekolah (HLS) dan rata-rata lama sekolah (RLS) capaian harapan lama sekolah Kabupaten Kuningan di atas Kabupaten Cirebon, Pangandaran, Majalengka, Cianjur, Karawang, Purwakarta, Garut, Subang dan Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan rata-rata lama sekolah (RLS) Kabupaten Kuningan saat ini di atas Kabupaten Pangandaran, Karawang, Majalengka, Garut, Sukabumi, Cianjur, Subang, Cirebon, Indramayu dan Kota Tasikmalaya.

Indeks pengeluaran (daya beli) Kabupaten Kuningan digambarkan oleh pengeluaran per kapita setahun. Capaian pengeluaran per kapita setahun Kabupaten Kuningan saat ini di atas Kabupaten Ciamis, Pangandaran, Sukabumi, Bandung Barat, Garut, Cianjur dan Kota Tasikmalaya.

“Dari ketiga indikator tersebut ternyata capaian IPM Kabupaten Kuningan pada tahun 2017 ini mencapai 67,99 poin atau meningkat 1,83 poin dari tahun 2016 sebesar 66,16 poin atau mengalami pertumbuhan 0,71%. Prestasi ini sangat membanggakan bagi kita semua, dan sepatutnya bisa kita pertahankan bahkan kita tingkatkan lagi,” ujar Acep.

Bupati berharap situasi yang sudah baik dan kondusif terus dijaga oleh seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan. Hal ini akan sangat berarti bagi kelangsungan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan daerah serta peningkatan kehidupan pada semua bidang. Menurut Bupati Acep, kemajuan pembangunan diperkuat dengan terus meningkatnya IPM sebagai barometer keberhasilan pembangunan suatu daerah.

(mar/rc/pojokjabar)

loading...

Feeds