Pembubarkan UPTD Pendidikan di Kabupaten Cirebon Terkendala , Ini Masalahnya

Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

POJOKJABAR.com, CIREBON- Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon membubarkan UPTD Pendidikan di tiap kecamatan tampaknya akan menemui kendala. Pasalnya jika UPTD dibubarkan sumber daya manusia (SDM) siswa belum siap dan kemampuan dana BOS masing-masing sekolah membayar tenaga guru honorer terbatas.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kedawung, Siti Ukari, melalui Bidang Penilik Lembaga Kurus, Taufiq Hidayat, mengungkapkan Pemkab Cirebon perlu peninjauan ulang pembubaran UPTD karena pendidikan di Kabupaten Cirebon belum siap.

“Kalau pemkab kan inginnya seperti SMP, punya UPTD sendiri yang maju, nah kalau tingkatan SD, kan terbatas dengan tenaga guru honorer. Ini belum lagi kalau ada TU nya,” ungkap Taufiq pada pojokjabar , Selasa (7/11/2012).

Menurut Taufiq, Pemkab Cirebon perlu melakukan kajian terlebih dahulu pada satuan tingkat pendidikan seperti SD dengan jumlah siswa di bawah 400 orang.

“Contoh untuk muridnya sedikit kan akan kewalahan. Kalau muridnya di atas 400 sih mungkin bisa menjalankan seperti itu. Kalau muridnya sedikit ya susah,” lanjutnya.

Sebelumnya, Sekertaris Daerah Kabupaten Cirebon, Yayat Ruhyat, mengatakan pembubaran UPTD Pendidikan merupakan kebijakan pemerintah pusat yang tertuang dalam peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Itu dari Kemendagri. UPTD seluruh Indonesia sudah dihilangkan. Jadi Kepala UPTD nanti menjadi kepala-kepala sekolah seperti SD dan SMP,” jelasnya.

(alw/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds