Warga Kabupaten Majalengka Keluhkan Temuan Kartu KIS dan KIP di Rongsokan

Inilah kartu KIS dan KIP yang ditemukan warga. Foto: Ono Cahyono/Radar Majalengka

Inilah kartu KIS dan KIP yang ditemukan warga. Foto: Ono Cahyono/Radar Majalengka

Cari Aman

POJOKJABAR.com, MAJALENGKA – Temuan puluhan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di lapak rongsok di Kelurahan Winong, Cirebon membuat warga Desa Panjalin Lor, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka kecewa.

Hal itu lantaran puluhan kartu yang yang mestinya dimanfaatkan warga untuk kepentingan kesehatan dan pendidikan menjadi rongsok.

Salah seorang warga Panjalin Lor, Saniti (40) mengaku kaget jika KIS milik putrinya (Nia Wati) ditemukan di lapak barang bekas. Selama ini anaknya tidak mendapatkan kartu jaminan kesehatan padahal sudah masuk pendataan.

“Kami tergolong orang tidak mampu dan wajar kalau mendapat pelayanan dari pemerintah. Padahal hampir sekeluarga dapat. Tetapi putri saya ini malah tidak dapat. Apalagi saat dicek pada KIS itu terdaftar nama anak saya. Berarti ini tidak diberikan langsung kepada warga,” keluhnya.

Penemuan puluhan KIS dan KIP di rongsokan di Kelurahan Winong, Cirebon bermula saat rekannya berinisial RU berkeliling mencari emas ke Desa Wiyong, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon pada Minggu (19/2/2017).

“Saat di sebuah lapak rongsok, tiba-tiba teman saya terkejut karena pemilik lapak itu memperlihatkan puluhan KIP dan KIS,” ujar Anwar seperti dilansir radarcirebon, Senin (21/2/2017). Anwar berencana akan mengembalikan puluhan kartu tersebut kepada masyarakat sebagai penerima.

(ono/pojokjabar/lya)


loading...

Feeds