Dua Buaya Rawa Datang ke Kuningan, Ini Lokasinya

ilustrasi buaya rawa

ilustrasi buaya rawa

POJOKJABAR.com, KUNINGAN – Hewan di Kebun Binatang Mini JnJ Resto bertambah. Pasalnya, selain kera, rusa tutul, merak, iguana, aneka burung dan ular, kini sepasang buaya rawa hadir di Kebun Binatang Mini JnJ Resto.

Kebun Binatang yang berada di Jalan Linggarjati, Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan tersebut sudah satu tahun beroperasi. Buaya tersebut berukuran jumbo yakni hampir tiga meter.

“Beratnya masing-masing satu kuintal. Kami ambil dari penangkaran milik Perhutani Unit III Jawa Barat di Kabupaten Subang,” jelas pemilik JnJ Resto, Kiki.

Kedatangan buaya tersebut dikawal langsung oleh petugas Perhutani penangkaran buaya. Kedua buaya tersebut diberi nama Devi dan Baron. Meskipun sepasang, keduanya sengaja dipisahkan, tujuannya untuk menghindari perkelahian.

“Mereka sekarang umurnya delapan tahun. Kami ambil sepasang supaya bisa menghasilkan lagi buaya lainnya untuk tambahan koleksi kami,” ungkapnya.

Kiki mengatakan, jika kedua buaya tersebut dirawat dengan baik maka buaya tersebut bisa hidupo hingga 80 tahun lamanya. Ditambah lagi, ukurannya bisa lebih besar dari sekarang. Maka dari itu, setiap harinya buaya tersebut diberi makan ayam hidup.

Selain menjadi pusat wisata, ia berharap Kebun Binatang JnJ Resto menjadi sarana edukasi bagi banyak orang. Terutama terkait satwa khas Indonesia. Terkait izin, pihaknya mengaku sudah memiliki izin untuk memelihara buaya rawa tersebut yang didapat dari Perhutani maupun BKSDA.

“Kami juga sudah dilatih untuk merawat buaya rawa. Dari cara merawat kandang, pengembangbiakannya juga tata cara makanannya,” pungkasnya.

 

(rcb/ana pojokjabar)

loading...

Feeds