Pelanggan dengan Daya Ini Bisa Kembali Menikmati Subsidi Listrik, Asal…

Ilustrasi Subsidi Listrik.

Ilustrasi Subsidi Listrik.

POJOKJABAR.com, CIREBON – Pemerintah nampaknya serius dengan keputusan menarik subsidi bagi pelanggan listrik dari kelompok ekonomi mampu. Buktinya mulai Januari 2017, subsidi bagi pelanggan diatas daya 450 VA dan 900 VA dicabut.

Namun untuk diketahui, bagi pelanggan dengan daya 900 VA masih bisa menikmati subsidi dari pemerintah asal masyarakat tersebut berpenghasilan rendah dan layak mendapatkan subsidi. Hal itu seperti diutarakan Kepala Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) PT PLN (Persero) Haurgeulis, Ruslani.

Menurutnya, pihaknya sudah mensosialisasikan tentang hal ini (pencabutan subsidi, red). Sosialisasi sendiri dilakukan di Kantor Kecamatan Sukra pada Kamis (26/1/2017). “Dari hasil pendataan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), tidak seluruh pelanggan listrik dengan daya 900 VA layak mendapat subsidi. Dengan kata lain, banyak masyarakat mampu yang menikmati subsidi,” jelasnya.

Ruslani menambahkan, di wilayah kerjanya ada 5.000 pelanggan dari 7 kecamatan dengan daya 900 VA yang dicabut subsidinya. Hanya saja, keputusan tersebut belum final. Pihaknya masih menerima pengaduan. Hal itu dilakukan agar diketahui apa benar dari 5.000 pelanggan yang dicabut subsidinya semua berpenghasilan rendah. Nah jika di tengah jalan ditemukan temuan jika benar pelanggan tersebut berpenghasilan rendah namun subsidinya dicabut, pihaknya akan meninjau ulang.

“Bila nantinya diketahui pelanggan tersebut berasal dari masyarakat yang kurang mampu, maka subsidi akan diberikan kembali. Nantinya uang yang sudah dibayarkan oleh warga tidak mampu itu akan dikembalikan. Jadi nanti kita hitung ulang, kelebihannya berapa kita kembalikan,” terangnya.

(kom/pojokjabar/lya)

loading...

Feeds