Meluapnya Sungai Cimanuk di Indramayu karena Tol Cipali, Kok Bisa?

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, INDRAMAYU – Meluapnya air Sungai Cimanuk yang terjadi beberapa hari ke belakang, nyatanya meresahkan banyak pihak. Karena ada beberapa wilayah yang akan terancam banjir jika sungai Cimanuk ‘mengamuk’.

 

Beberapa wilayah yang terancam banjir yakni Kertasemaya, Jatibarang, Lohbener, Sukagumiwang, cantigi, Arahan, Sindang, Pasekan dan Tukdana. Daerah tersebut di aliran Sungai Cimanuk.

 

Dalam hal ini, Kasi Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Caya mengatakan naiknya debit air di sungai Cimanuk diakibatkan oleh berkungnya lahan resapan air.
“Bandara Internasional Jawa Barat di Kecataman Kertajati itu daerah resapan air,” ucapnya.

 

Selain BIJB, ia menilai tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pun merupakan daerah resapan air. Dengan dibangunnya kedua tempat tersebut, menurutnya, daerah resapan air semakin berkurang. Akibatnya memicu adanya banjir di Kabupaten Indramayu.

“Saat hujan air banyak diserap oleh lahan terbuka seperti tol Cipali dan BIBJ. Tapi lahan tersebut sekarang sudah dibangun dengan bahan yang keras sehingga air yang biasanya diserap di sana sekarang bebas mengalir ke sungai Cimanuk,” jelasnya.

loading...

Feeds