Jembatan Sungai Ciwaringin Ambles, Akses Warga Dua Kecamatan Ini Terancam Terputus

Nampak pengendara motor tengah melintasi jembatan sungai Ciwaringin. foto: fajarnews

Nampak pengendara motor tengah melintasi jembatan sungai Ciwaringin. foto: fajarnews

POJOKJABAR.com, CIREBON – Jembatan Sungai Ciwaringin yang menjadi penghubung dua kecamatan Arjawinangun dan Kaliwedi yang berada di Desa Karang Sambung Kec Arjawinangun ambles hingga 40 cm. Bahkan kini kondisi jembatan tersebut sangat mengkhawatirkan.

Jika melintasi jembatan sungai Ciwaringin tersebut warga pun diminta hati-hati. Bahkan kini mobil pun dilarang melintas di jembatan tersebut. Hal itu terlihat dari tulisan yang tertera di papan yang terpasang di atas jembatan tersebut.

Amblesnya jembatan sungai Ciwaringin rupanya karena seringnya banjir yang terjadi akhir-akhir ini. Menurut Kuwu Desa Karang Sambung, Abdurrohman, amblesnya jembatan terjadi sejak Sabtu (21/1/2017). Saat itu kondisinya tengah banjir, nampak ada pohon besar yang terbawa banjir dan nyangkut di pondasi jembatan.

“Saat itu ada pohon besar yang terbawa banjir nyangkut di pondasi jembatan, mungkin karena kuatnya dorongan aliran sungai hingga pondasi ambles, hingga permukaan jembatan saat ini tidak merata,” jelasnya.

Terkait amblesnya jembatan sungai Ciwaringin, pihaknya sudah melaporkan kepada pihak terkait. Abdurrohman berharap, jembatan yang dibangun sejak 2007 tersebut bisa segera diperbaiki.

“Kami sudah melaporkan kepada pihak terkait dengan amblesnya jembatan itu, dan diharapakan untuk segera diperbaiki atau dibongkar seluruhnya karena jalan itu akses utama warga kami dan warga Kec. Kaliwedi,” katanya.

Bukan itu saja, pihaknya pun berencana mendatangi pihak Bina Marga dan BBWS untk segera melaporkan kondisi jembatan itu untuk segera ditinjau. Hal itu lantaran, jembatan tersebut merupakan tanggungjawab pihak BBWS.

“Bagi kami siapa saja baik dari BBWS maupun pihak Bina Marga yang segera memperbaiki jembatan itu, karena warga sudah sangat khawatir, akibat ambles pada pondasinya saat ini kondisi jembatan merenggang sehingga ditakutkan putus di tengahnya,” tandasnya.

(fjr/adh/pojokjabar/lya)

loading...

Feeds