Bulog Indramayu Siapkan 200 Gerai Rumah Pangan Kita

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, INDRAMAYU – Rumah Pangan Kita (RPK) disiapkan di Indramayu. Tujuannya untuk menjadi jembatan agar harga barang dan kebutuhan pokok stabil. Agar dapat tercapai dengan baik, setidaknya akan ada 200 gerai RPK yang tengah disiapkan.

“Harapannya masyarakat dapat dengan lebih mudah mendapat pangan yang kualitasnya baik namun harganya tetap ramah kantong,” ujar Kepala Bulog Sub Divre Indramayu, Asep Buhori.

 

200 RPK yang akan disediakan akan disebar ke sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Indramayu. Adapaun beberapa komoditi yang dapat dijual berupa daging sapi, bawang putih, beras, gula dan juga minyak goreng.

“Yang mengelola RPK nanti yaitu masyarakat yang dibina Bulog. Nantinya, Bulog akan menyiapkan komoditi dan mengantarkan barang ke masyarakat yang buka outlet RPK,” ucapnya.

 

Asep mengatakan, syarat menjadi pengelola RPK tidaklah sulit. Yakni dengan datang ke kantor Bulog dan isi formulir yang telah disediakan.
“Siapapun bisa daftar, jika sudah isi formulir akan diverifikasi dan validasi datanya,” jelasnya.

 

Nah, untuk modal pihak Bulog sudah melakukan kerjasama MOU dengan BNI dan BRI. Hal tersebut memudahkan masyarakat untuk dapat meminjam modal terkait pengelolaan RPK.

Namun, ada aturan dalam RPK tersebut. Asep katakan, harga jual nantinya harus sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Tentunya masyarakat yang mengelola RPK tidak boleh mengubahnya. Sedangkan untung untuk pengelola didapat dari hasil bagi usaha antara Bulog dan pengelola RPK.

 

(rcb/ana pojokjabar)

loading...

Feeds