Wah, Ribuan Nelayan Cirebon Dapat Asuransi Jiwa Gratis

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIREBON – Nelayan di Kabupaten Cirebon mendapat asuransi jiwa dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon. Asuransi tersebut diberikan secara gratis kepada para nelayan.

Kartu nelayan sendiri memiliki manfaat jika suatu hari nelayan mendapat musibah dan meninggal baik di laut maupun di darat. Jika nelayan alami musibah dan meninggal di laut maka nelayan akan mendapat klaim asuransi sebesar 200 juta rupiah.

Namun, jika meninggal di darat maka nelayan akan mendapat klaim asuransi 160 juta rupiah. Sedangkan, jika nelayan saat sedang melaut alami cacat maka nelayan akan mendapat klaim asuransi 100 juta rupiah.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon,H Muhidin sudah ada 8.050 nelayan yang tercatat miliki kartu nelayan. Dari jumlah tersebut tercatat 7.600 orang yang sudah mendapat kartu asuransi.
“Masih ada 450 nelayan lainnya belum menerima asuransi tersebut karena masih dalam proses,” katanya.

Program asusransi untuk nelayan berasal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Jumlah nelayan yang ada di Kabupaten Cirebon mencapai 17.965 orang. Namun, lanjutnya, belum semua memiliki kartu asuransi dikarenakan belum semuanya memiliki kartu nelayan.

“Kami tidak bisa mengajukan nelayan yang belum memiliki kartu nelayan untuk didaftarkan pada program asuransi nelayan. Syarat mendapat kartu asuransi adalah KTP dan kartu nelayan saja,” pungkasnya.

 

(pojokjabar/nji)

loading...

Feeds