Sosialisasi Perda Kawasan tanpa Rokok, Sekda Kota Cirebon Minta Ruangan Khusus Merokok

Ilustrasi rokok.

Ilustrasi rokok.

Cari Aman

POJOKJABAR.id, CIREBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon saat ini sedang sibuk-sibuknya melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2015 tentang Kawasn Tanpa Rokok (KTR) di Kota Cirebon, Jawa Barat. Salah satu tempat yang disambangi adalah SMAN 4 Cirebon pada Selasa (27/9/2016) kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Cirebon, Drs Asep Dedi MSi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan merokok di tempat-tempat kawasan bebas asap rokok. Seperti di tempat kerja, tempat ibadah, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, angkutan umum dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Sebab, bahaya rokok tidak hanya untuk perokok aktif saja, tapi juga perokok pasif. “Untuk itu seluruh instansi dan lembaga yang ada di Kota Cirebon juga baiknya menyediakan ruangan khusus untuk para perokok,” ujar Asep, kepada Radar Cirebon (Pojokjabar.id grup).

Menurutnya, kawasan pendidikan dijadikan target utama sosialisasi dengan maksud menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif bebas dari asap rokok. “Melalui insan intelektual kami berharap nantinya sosialisasi dan pemahaman dampak buruk rokok menyebar lebih cepat kepada masyarakat,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr Edy Sugiharto MKes dalam kesempatan tersebut menjelaskan tentang bahaya asap rokok, ciri-ciri perokok, cara mencegah agar tidak merokok dan akibat merokok. Dikatakannya, merokok berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan bagi masyarakat perokok pasif. “Dalam satu batang rokok itu mengandung 4.000 racun yang dapat merusak kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Cirebon, Dr Suroso MPd mengapresiasi Perda KTR di Kota Cirebon. Pengawasan penerapan Perda KTR pun perlu dilakukan di sekolah sebagai institusi pendidikan agar mampu memutus mata rantai kebiasaan merokok siswa.

“Guru dan siswa dapat memberi teguran atau melapor kepada pihak sekolah apabila terbukti ada yang merokok di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Satu yang perlu disadari, kata Suroso, mengatasi masalah kebiasaan merokok siswa tanggungjawab semua. “Baik pemerintah, masyarakat dan keluarga perlu bersinergi,” pungkasnya.

(RC/izo/pojokjabar)


loading...

Feeds

Konsep render diduga iPad terbaru. (Viktor KadarVia9to5Mac)

Beginikah Model IPad Terbaru?

APPLE telah mengonfirmasi akan menjadi tuan rumah acara pada 30 Oktober mendatang. Dari sana banyak pihak berharap bahwa iPad baru akan …