Ayo ….Rayakan Agustus-an di Puncak Gunung Ciremai Kuningan

Puncak Gunung Ciremai mempunyai daya tarik tersendiri untuk pendakian pada saat perayaan hari kemerdekaan RI.

Puncak Gunung Ciremai mempunyai daya tarik tersendiri untuk pendakian pada saat perayaan hari kemerdekaan RI.

POJOKJABAR.com, KUNINGAN – Merayakan hari kemerdekaan RI ke 71 di puncak gunung mungkin akan memberikan sensasi tersendiri bagi para pencinta gunung. Tak heran pada bulan agustus terutama saat peringatan hari kemerdekaan, banyak pendaki yang menyerbu gunung-gunung di Jawa Barat tak terkeculai, Gunung Ciremai yang ada di Kabupaten Kuningan

Mengantisipasi membludaknya pendaki di Gunung Ciremai, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) berencana akan membatasi jumlah pendaki ke Gunung Ciremai. Kuota pendaki ke Gunung Ciremai dibatasi hanya 2000 orang, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan gunung.

“Pada akhir pekan ini kami sudah melakukan cek jalur. Bahkan, para petugas masih di gunung. Dari laporan secara lisan jalur pendakian aman sehingga layak untuk digunakan,” jelas Penanggung Jawab Pos Pendakian Palutungan, Agus Yudantara.

Apabila hasil evaluasi ternyata jalur pendakian tidak layak, pihak BTNGC bisa menutup pendakian. Sebab, keamanan dan juga kelestarian alam harus diutamakan. Ia memprediksi pendaki mulai menyerbu Gunung Ciremai pada tanggal 14-15 Agustus. Pada tanggal itu merupakan waktu yang tepat ketika memutuskan akan merayakan peringatan HUT RI di puncak Gunung Ciremai.

Meski dipastikan akan banyak pendaki namun, Agus memastikan tidak akan ada kenaikan tarif. Seperti hari biasa tarif Rp 50 ribu. Dan pihaknya tidak menyediakan piagam bagi pendaki yang naik pada tanggal 17 Agustus.

Agus juga menyebutkan, untuk jalur pendakian seperti biasa bisa dilakukan dari jalur Palutungan dan Linggarjati. Sedangkan dari Kabupaten Majalengka melalui jalur Apuy. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan maka, pihaknya akan menekankan kepada para pendaki untuk menjaga ketertiban. Dengan tertib maka akan selalu aman.

“Para pendaki yang datang pada bulan Agustus bisa datang dari mana saja karena momen merayakan HUT RI di puncak merupakan momen satu tahun sekali, sehingga semua ingin merasakannya,” sebut pria personel Kecapi Ciremai itu kepada Radar.

Mengenai yang daftar kata dia, memang belum banyak. Kemungkinan pada awal pekan ketiga pendaftar akan membeludak. Selain bisa secara online, mereka bisa datang ke pos pendakian.

(kgn/dea/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds