Langkah Cirebon Menjadi Kabupaten Sehat Terganjal karena Sampah, Ini yang Akan Dilakukan

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIREBON – Target meraih penghargaan sebagai Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2017 nanti tampaknya sulit direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon.

Kabid Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Cirebon, Agung Gumilang mengatakan, kendala yang memberat menunju Kabupaten Cirebon Sehat adalah sampah, dimana cakupan wilayah Kabupaten Cirebon luas sehingga memerlukan rekayasa sosial.

Artinya, volume sampah di Kabupaten Cirebon dapat berkurang ketika masing-masing rumah tangga bisa memilah sampah dengan kesadaran yang tinggi. “Ketika itu bisa berjalan, maka kami yakin Kabupaten Cirebon bisa meraih penghargaan dari pemerintah pusat,” kata Agung.

Kepala Bappeda Kabupaten Cirebon, Drs Erus Rusmana MSi mengatakan, langkah untuk mewujudkan kualitas lingkungan sehat membutuhkan kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi, serta soliditas pemerintah daerah, swasta, masyarakat yang terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkesinambungan.

“Perlu diketahui, untuk menciptakan Kabupaten Sehat harus dimulai dari kecamatan yang sehat, selanjutnya desa/kelurahan yang sehat. Tapi itu semua berawal dari keluarga yang mengerti pola hidup sehat,” ujar Iyus, sapaan akrab Erus Rusmana, kepada Radar, Rabu (11/5).

Dia mencontohkan beberapa tahun ke belakang, di antaranya Kabupaten Cirebon berhasil mendapat penghargaan Kabupaten Sehat Swastisaba Widerda tahun 2011. Kemudian kembali mendapatkan Swastisaba Wistara dengan Lima Tatanan tahun 2013.

Selain itu, tahun 2015 Kabupaten Cirebon kembali meraih Swastisaba Wistara dengan Tujuh Tatanan. “Kami berharap, melalui rapat koordinasi ini di tahun 2017 mendatang Kabupaten Cirebon bisa meraih penghargaan sebagai Kabupaten Sehat,” harapnya.

Lebih lanjut Iyus menjelaskan, untuk mencapai itu semua, pihaknya mulai menyamakan persepsi dan menyatukan komitmen antara tim dan Forum Cirebon Sehat, serta meningkatkan jejaring antara pelaku secara berjenjang, sinergis dan berkelanjutan.

“Persiapan yang kami lakukan ini dalam rangka pelaksanaan verifikasi penyelenggaraan Kabupaten Cirebon Sehat Tahun 2017 bersama stakeholder, terutama kecamatan dan desa/kelurahan,” jelasnya.

(izo/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds