Rugikan Organisasi, Kader HmI Cirebon Kecam Saut Situmorang


POJOKJABAR.com, CIREBON – Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HmI) dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Cirebon pun geram atas pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang yang mendiskreditkan kader-kader organisasi ‘Hijau-Hitam’ itu.

Dalam sebuah talk show di televisi swasta, Saut Situmorang mengatakan, bahwa kader HmI setelah lulus mengikuti latihan kader (LK) satu,  menjadi koruptor saat menduduki jabatan pemerintahan. Pernyataan Saut tersebut, dikecam oleh para kader-kader HMI Cirebon bahkan alumni-alumninya yang tergabung dalam Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI).

Presidium KAHMI Cirebon, dr Asad menilai, pernyataan Saut pada saat talk show bertajuk “Harga Sebuah Perkara” di salah satu stasiun televisi swasta tersebut sangat tidak pantas dan tidak beretika. Apalagi, pernyataan itu muncul oleh seoarang pejabat publik di KPK.

“Pertanyaan itu sangat tidak bijak, tendensius dan ceroboh. Apalagi dia (Saut, red) ini menjabat sebagai pejabat KPK, ini jelas sangat merugikan masyarakat,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu (8/5/2016).

Pernyataan bahwa kader HmI yang lulus LK satu yang merupakan tahap pengkaderan paling dasar, ketika menjadi pejabat justeru menjadi penjahat, menurut Asad, pernyataan tersebut harus disikapi dengan tegas tapi penuh kedewasaan oleh kader HmI dan KAHMI.

Pernyataan yang merugikan kader HmI yang terkena fitnah itu, Asad mengatakan harus disikapi dengan bijak dan kedewasaan, agar menjadi pembelajaran bagi semuanya demi kepentingan dan kemajuan bangsa.

Dipastikan, seluruh kader HMI dan KAHMI akan melakukan aksi demontrasi di seluruh daerah di Indonesia pada hari Senin (9/5/2016). Para kader HMI meminta agar Saut itu dilaporkan oleh pihak kepolisian karena pernyataannya sudah memfitnah dan menyakiti kader HMI seluruh Indonesia.

“Saya sudah mendapat informasi bahwa Majelis KAHMI Nasional dan PB HmI sudah bertemu di Jakarta tadi sore, dan menyampaikan akan ada rencana aksi besar-besaran menuntut Saut dilaporkan ke polisi,” katanya.
(izo/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds