Liburan, Pendaki Gunung Ciremai Melonjak Tajam

Gunung Ciremai masih menjadi destinasi para pendaki gunung pada liburan akhir tahun ini.

Gunung Ciremai masih menjadi destinasi para pendaki gunung pada liburan akhir tahun ini.

POJOKJABAR.com, KUNINGAN – Liburan panjang akhir tahun ini, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan diserbu para pendaki. Dari data yang diperoleh dari pengelola pintu masuk jalur pendakian, jumlah pendaki terus meningkat setiap harinya.

“Sejak libur sekolah, jumlah pendaki terus meningkat. Ditambah lagi pekan ini adanya long weekend, sehingga Gunung Ciremai menjadi ramai,” kata Ketua Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC) Palutungan, Nana Kusna seperti dilansir Radar Cirebon, Senin (28/12/2015)

Menurut Nana ramainya jalur pendakian membuat warga kembali sumringah. Pasalnya sejak ditutup Agustus lalu dan kembali dibuka tanggal 20 November, baru pada akhir Desember pengunjung benar-benar ramai.

Pada pekan ini jumlah yang mendaki terus meningkat, terutama dari Kamis (24/12) lalu. Jumlah pendaki per hari rata-rata di atas 300 orang. Diprediksi, puncak jumlah pendaki terjadi pada tanggal 31 Desember karena banyak yang ingin merayakan tahun baru di puncak gunung.

“Untuk jalur Palutungan, per hari dibatasi hingga 600 pendaki. Kami komitmen dengan hal ini agar tidak terjadi penumpukan pendaki,” ucap Nana.

Mengenai cuaca, hingga saat ini terbilang aman. Sehingga pendaki nyaman naik ke gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut. Menurut Nana, pendaki yang datang berasal dari semua daerah, mulai rombongan kecil hingga rombongan besar.

Terpisah, petugas pintu masuk Jalur Pendakian Linggarjati, Andi juga membenarkan jumlah pendaki meningkat tajam. Pendaki yang datang kebanyakan mengisi liburan.

Sementara untuk pendaki yang ingin merasakan pergantian tahun, biasanya datang pada tanggal 30 dan 31 Desember.

“Berkaca pada pengalaman tahun lalu, jumlah pendaki bisa meningkat tajam dari jumlah yang sekarang,” ucapnya.

(kgn/dea/pj)

Loading...

loading...

Feeds