Hore.. Jalur Pendakian Gunung Ciremai Dibuka Lagi

Salah satu jalur pendakian menuju Gunung Ciremai melalui Palutungan yang banyak diminati pendaki,

Salah satu jalur pendakian menuju Gunung Ciremai melalui Palutungan yang banyak diminati pendaki,


POJOKJABAR.com,KUNINGAN – Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC)kembali membuka jalur pendakian di Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, mulai Jumat (27/11/2015). Pembukaan jalur tersebut disambut gembira semua pihak, termasuk mereka yang selama ini bergantung nasibnya kepada Gunung Ciremai. Sebab, penutupan jaluar pendakian dilakukan sejak tanggal 14 Agustus lalu, atau pasca terjadi kebakaran di Jalur Apuy Majalengka membuat nasib mereka tak menentu.

“Iya, mulai Jumat (27/11/2015), jalur pendakian kembali dibuka. Kami putuskan dibuka setelah rapat evaluasi pada tanggal 23 November lalu. Selain itu juga dari hasil pamatauan cuaca berdasarkan laporan dari BMKG,” sebut Kepala BTNGC, Ir Padmo Wiyoso melalui Kepala Resort Cigugur Idin Abadin seperti dilansir Radar Cirebon, Sabtu (28/11/2015).

Idin menyebut, sudah turunnya hujan di jalur pendakian, bahkan ada yang sudah 15 kali, maka bahaya pohon tumbang kecil. Kemudian, yang paling utama adalah masalah kebakaran. Turunnya hujan bisa memadamkan api di Gunung Ciremai. Selain itu juga, masalah sampah pun sudah terlihat bersih sehingga jalur pendakian layak untuk dibuka kembali.

“Kami berharap dengan adanya pembukaan jalur pendakian, mitra pengelola bisa mematahui apa yang sudah menjadi ketentuan. Apabila melanggar, kami tidak akan segan untuk menutup jalur kembali,” ucap Idin.

Pihaknya akan melihat perekembangan hingga akhir bulan Desember. Kalau ternyata sampah justru tambah banyak, maka akan ditutup. “Informasi pembukaan jalur pendakian sudah kami informasikan ke mitra pengelola pendakian, komunitas pencinta alam dan masyarakat luas,” ucapnya.

Idin menegaskan, karena baru dibuka kemarin, kemungkinan pendaki mulai ramai hari Sabtu dan Minggu. Pihaknya yakin, mereka akan senang dengan dibukanya kembali jalur pendakian.

(mus/dea/pj)

Loading...

loading...

Feeds