Kekeringan, Warga Selangit Antri Air

Warga Selangit antri air bersih bantuan dari Polsek Klangenan.
Warga Selangit antri air bersih bantuan dari Polsek Klangenan.
                                            Warga Selangit antri air bersih bantuan dari Polsek Klangenan, Senin (24/8/2015)

POJOKJABAR.id, CIREBON- Kemarau panjang, membuat sejumlah wilayah kekeringan di Kabupaten Cirebon. Seperti di Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, warga Desa Selangit antri air bersih yang disediakan oleh Polsek Klangenan, Senin (24/8/2015)

Puluhan ember dan tempat penampungan air berjejer di pinggir jalan. Warga pun memadati jalan untuk mendapatkan air bersih dari tanki yang disiapkan oleh Polsek Klangenan sebanyak 32 ribu liter.

Menurut Kapolsek Klangenan, AKP Gunawan pembagian air bersih itu dilakukan mengingat warga Desa Selangit mengalami krisis air bersih lebih dari satu bulan. Aliran air dari sungai terhenti lantaran musim kemarau.

“Akhirnya kita coba berikan bantuan air bersih ini di 4 titik, dengan masing-masing titik sebanyak satu tanki atau 8 ribu liter,” ujarnya.


Bantuan yang diberikan ini, kata Gunawan, setidaknya bisa mencukupi kebutuhan air masyarakat beberapa hari ke depan. Terlebih, selama ini warga sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan MCK dan minum.

“Ke depan bantuan juga akan kita berikan pada daerah-daerah yang kekeringan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kaur Pemerintahan Desa Selangit, Adi Sucipto mengatakan, hampir setiap musim kemarau, warganya mengalami krisis air. Hal itu terjadi karena sekitar 90 persen warga Selangit mengandalkan air dari bendung rentang di wilayah sekitar.

“Kita hanya mengandalkan dari tata gilir air ke saluran irigasi. Nanti disalurkan ke warga lalu masuk penampungan dan akhirnya dipergunakan dari MCK,” tuturnya.

Upaya pengeboran sumur bor, kata Adi, pun sudah sering dilakukan oleh warga. Namun semuanya berakhir nihil. Tidak ada satupun sumur bor yang mengalir.

“Hanya sekitar 10 persen warga yang rumahnya bisa mendapatkan air ketika membuat sumur bor,” lanjutnya.

Sehingga, bantuan dari Polsek Klangenan diakui Adi sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Meski memang tidak seluruh warga mendapatkan air bersih, namun setidaknya air yang dibagikan bisa membantu warga dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

“Dari PDAM ini juga belum lama ini dikirim. Jadi ya saya sangat bersyukur karena Polsek Klangenan ini cukup membantu setidaknya untuk menutupi kebutuhan air sehari-hari,” jelasnya. (kmg/dea)