Aneh, Buah Pisang Ini Panjangnya 2,5 Meter

Pisang rangrang milik Evi buahnya menjuntai hingga 2,5 meter.
Pisang rangrang milik Evi buahnya menjuntai hingga 2,5 meter.
Pisang rangrang milik Evi buahnya menjuntai hingga 2,5 meter. Keberadaan pisang ini pun menarik perhatian warga.

POJOKJABAR.id,KUNINGAN – Pohon pisang dengan beberapa sisir buah dalam satu tandannya mungkin sudah biasa. Tapi jika dalam satu tandan pisang ada puluhan sisir mungkin itu luar biasa. Tapi itulah yang terlihat di salah satu pohon pisang milik warga RT 01/03 Desa Dukuhmaja, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan. Pohon pisang ajaib jenis rangrang itu tumbuh dengan buah pisangnya menjuntai tinggi hingga 2,5 meter.

Tak urung kehadiran pohon pisang ajaib itu mengusik keingintahuan ratusan warga untuk melihatnya. Kehadiran ratusan warga itu mendatangkan berkah tersendiri bagi penduduk setempat. Banyak yang berjualan di sekitar tempat tersebut. Pemilik pohon pisang sendiri menaruh keropak untuk diisi sumbangan secara sukarela dari para pengunjung yang datang.

Seperti Samsudin warga Kecamatan Sindangagung mengaku sengaja datang ke tempat tersebut lantaran sebelumnya mendengar ada pohon pisang yang buahnya tidak lazim. Karena penasaran dengan kabar itu, dengan menggunakan motor, dia menuju Desa Dukuhmaja.
“Tadinya saya kira hanya kabar angin saja soal pohon pisang berbuah tidak lumrah itu. Tapi, ada beberapa orang yang menceritakan hal serupa. Akhirnya saya berangkat menuju Dukuhamaja, untuk membuktikan kabar tersebut. Ternyata memang benar ada pohon pisang yang buahnya memiliki panjang meteran,” tutur Samsudin.

Pemilik pohon pisang ajaib, Evi (51) mengaku pohon pisang jenis rangrang tersebut awalnya ditanam oleh suaminya, Wasju (62) setahun lalu. Sama seperti pisang-pisang lainnya yang tumbuh di pekarangan rumah, dia tidak menemukan keanehan sedikitpun ketika pisang itu mulai tumbuh ke atas. Bahkan, Evi tidak pernah mendapat firasat apapun apalagi mimpi, jika pohon yang ditanam suaminya akan mempunyai buah yang berbeda dengan pisang lainnya.


Keanehan buah pisang sepanjang 2,5 meter itu baru terlihat sejak bulan Agustus ini. Kontak pertumbuhan pisang yang tidak biasanya ini membuat Evi kaget. Semakin hari, buah pisang semakin bertambah panjangnya. Bahkan nyaris hingga menyentuh tanah. Padahal biasanya, buah pisang paling banter panjangnya 30 hingga 50 sentimeter. Keanehan itu lantas dia ceritakan ke para tetangganya. Tak pelak, puluhan warga setempat langsung mendatanganinya sekadar untuk melihatnya.

“Saya masih ingat betul kalau pohon pisang ini suami saya yang menanam, sepulangnya berdagang di Jakarta. Itu sekitar setahun lalu. Yang saya tahu, bibit pisangnya juga biasa saja. Tapi setelah tumbuh setahun, kok buah pisang semakin panjang tumbuhnya. Saya kaget kok pisangnya tumbuh sepanjang ini, bahkan jantung pisangnya dipotong. Coba Mas lihat sendiri, buahnya nyaris menyentuh tanah saking panjang. Pernah diukur oleh tetangga, panjangnya sekitar 2,5 meter,” terang Evi.

Hingga saat ini, buah pisang ajaib ini masih menjadi tontonan warga sekitar. Warga yang melihat memberikan sumbangan seikhlasnya yang dimasukkan ke keropak yang sudah disediakan pemilik lahan. Eva tidak menargetkan berapa pengunjung harus memberikan sumbangan ke dalam keropak.

“Ya sekarang mah pohon pisangnya tetap saja dibiarkan saja seperti ini. Kalau sumbangan dari warga, nantinya mau disumbangkan lagi untuk pembangunan masjid di sini. Mungkin ini berkah dari Allah, sehingga warga bisa mengumpulkan sumbangan untuk pembangunan masjid yang sedang berlangsung di desa ini,” tutur Evi. (ags/dea)