Dijanjikan Kerja di Jepang, Uang Puluhan Juta Melayang

penipuan
Ilustrasi
penipuan
ilustrasi

POJOKJABAR.id, CIREBON-Tergiur gaji besar bekerja di Jepang, sejumlah warga Cirebon malah tertipu. Tak hanya warga Cirebon saja beberapa warga Brebes juga tertipu Direktur CV Indosima asal Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, tersebut. Diperkirakan jumlah korban yang tertipu mencapai 150 orang.

“Saya sudah menyerahkan uang Rp25 juta, untuk daftar menjadi calon TKI kepada perusahaan. Setelah menyerahkan semua administrasi dan persyaratan di pindah lagi ke perusahaan lain, hingga saat ini belum berangkat ke negara tujuan,” kata WY (38), warga Paguyungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis(6/8/2015).

Sedang  warga Cirebon yang  enggan disebutkan  namanya mengaku  sudah menyerahkan uang Rp 10 juta sebagai syarat kerja ke Jepang. Tapi hingga kini ia tak kunjung diberangkatkan.
“Saya dapat informasi kerja dari internet. Korban banyak, ada juga dari Jawa Tengah dan Jawa Timur sekitar 150 orang,” kata sumber tadi saat ditemui di Polres Cirebon Kota, Jumat (7/8/2015)

Masih menurut korban asal Cirebon ini, warga Jawa Tengah dan Jawa Timur yang tertipu ada yang sudah pulang. Kerugian mereka lebih besar daripada orang asal Cirebon.


“Ada yang rugi karena tertipu mencapai Rp 60 juta. Kalau asal Cirebon antara Rp8 juta-Rp15 juta,” katanya.

Sementara itu, Kepala Polres Cirebon Kota, AKBP Eko Sulistyo Basuki melalui Kepala Sub Bidang Humas Polres Cirebon Kota, AKP Yana Mulyana membenarkan adanya laporan dugaan penipuan itu dan kini kasusnya ditangani Polres Cirebon Kota. Dan kini masih dalam tahap penyelidikan.(rmol/dea)