184 Orang Tertipu, Kerugian Rp 3,6 M

penipuanPOJOKJABAR.id, CIREBON– Sebanyak 184 orang menjadi korban penipuan dengan modus menjanjikan kerja di pabrik pembuatan rel kereta api (KA) di Jepang. Sementara total kerugian mencapai Rp 3,6 miliar.

Menurut Kapolres Cirebon Kota, AKBP Eko Sulistyo Basuki didampingi Kepala Sat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP Dadang korban penipuan tersebut tidak hanya laki-laki, tapi ada juga perempuan. Mereka berasal dari wilayah 3 Cirebon, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Bengkulu.

“Dugaan penipuan ini terungkap, karena adanya kecurigaan kami, melihat sejumlah orang yang berkumpul di SMK Maritim (Mundu),” jelas AKBP Eko Sulistyo Basuki kepada sejumlah wartawan saat di Mapolres Cirebon Kota, Jumat (7/8/2015).

Setelah dimintai keterangan, kata Kapolres, rupanya mereka gagal berangkat ke Jepang, setelah dijanjikan kerja oleh CV Indosima berkantor di daerah Lemahwungkuk, Kota Cirebon.


“Korban bayar Rp10 juta-Rp30 juta per orang sebagai syaratnya,” kata Kapolres seperti yang dilansir rmol.co.

Begitu dicek, kata Kapolres, kenyatannya CV Indosima, tidak punya izin perekrutan dan pemberangkatan sebagai PJTKI dan pekerjaaan di Jepang, fiktif.  (rmol/dea)