POJOKJABAR.com, Jakarta – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) kembali menggelar SME Market 2024 yang berlangsung di Mall Festival Citylink, Bandung, pada 15-17 November 2024.
Acara ini menjadi upaya nyata dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di wilayah tersebut.
Sebelumnya, pameran serupa telah diadakan di Gandaria City, Jakarta Selatan.
Acara ini dibuka oleh Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga JBB, Denny Djukardi, yang diwakili oleh Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga JBB Eko Kristiawan.
Hadir pula Manager SMEPP PT Pertamina (Persero) Dewi Sri Utami, perwakilan Manager CSR & SMEPP Nathalina Dj, Sales Area Manager Retail Bandung Sindhu Priyo Windoko, dan Fuel Terminal Manager Bandung Debbi Juliana Harahap.
Sebanyak 20 UMK di bidang fashion, kerajinan, dan makanan & minuman yang tergabung dalam UMK Academy kelas 2 wilayah JBB turut berpartisipasi.
Program UMK Academy ini merupakan bagian dari pembinaan untuk membantu UMK naik kelas dari tingkat regional ke nasional.
Manager SMEPP PT Pertamina (Persero) Dewi Sri Utami menjelaskan bahwa melalui program ini, peserta dibekali pelatihan lengkap mulai dari perizinan, legalitas, hingga strategi memperluas pasar.
“SME Market menjadi bagian dari praktik langsung bagi para peserta UMK Academy untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat, bagaimana menampilkan produk secara menarik, bagaimana memikat perhatian konsumen agar tertarik untuk membeli serta menerapkan strategi promosi yang efektif, di antaranya dengan memberikan diskon potongan harga. Lebih lanjut, program ini juga mengajarkan pelaku UMK untuk lebih ramah lingkungan dengan mengolah dan memanfaatkan limbah hasil produksi,” ucap Dewi.
Eko Kristiawan menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang terpilih untuk mengikuti pameran ini.
“Terpilihnya peserta UMK tidak hanya menjadi prestasi, namun juga menjadi tanggung jawab dan menjadi contoh inspiratif bagi Mitra Binaan lainnya,” jelas Eko.
Pameran ini dimeriahkan dengan tarian tradisional, workshop interaktif, talkshow bersama Mitra Binaan, fun games, band, modern dance, hingga kompetisi karaoke dan kids dance.
Acara ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mendukung para pelaku UMK untuk mempraktikkan keterampilan promosi secara langsung.
SME Market 2024 menjadi bagian dari komitmen Pertamina mendukung SDGs poin 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.
“Kami Pertamina Regional JBB percaya bahwa kolaborasi adalah kunci untuk menciptakan ekosistem yang sehat bagi pertumbuhan UMK. Melalui dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan komunitas, kami berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberdayakan pelaku UMK di seluruh wilayah Regional JBB,” tutup Eko.
Dengan acara ini, Pertamina kembali membuktikan komitmennya untuk mendorong UMK menjadi motor penggerak ekonomi yang tangguh dan berkelanjutan.***