SME Market 2024: Pertamina Dorong UMK Lokal Menuju Pasar Global!

POJOKSATU.id, Jakarta – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) berhasil menutup rangkaian pameran SME (Small Medium Enterprise) Market 2024 pada Minggu, 13 Oktober 2024.


Pameran ini merupakan bagian dari tahap pembinaan program Pertamina UMK Academy, yang bertujuan untuk mengangkat Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dari tingkat regional ke skala nasional.

Acara ini diikuti oleh 20 UMK yang berasal dari berbagai bidang, seperti Craft, Food & Beverage, dan Fashion. Pameran berlangsung selama tiga hari, dari Jumat hingga Minggu, 11-13 Oktober 2024, di Piazza, Gandaria City, Jakarta Selatan.

Eko Kristiawan, Area Manager Communication, Relations & CSR Regional JBB PT Pertamina Patra Niaga, menjelaskan bahwa tujuan utama pameran ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk UMK kepada masyarakat luas.


Tingginya antusiasme pengunjung dan total penjualan yang memuaskan menunjukkan bahwa acara ini berhasil menarik perhatian publik.

“Pameran SME Market 2024 ini kami harap dapat membantu UMK lokal memperluas jangkauan, dari tingkat lokal hingga nasional, bahkan internasional. Melihat jumlah pengunjung dan penjualan yang positif, kami yakin program ini memberikan dampak signifikan bagi perkembangan UMK,” ujar Eko.

Ia juga menambahkan bahwa penghargaan diberikan kepada mitra binaan dengan pencapaian penjualan tertinggi selama pameran.

Salah satu mitra binaan, Nancy Artha, pemilik Avana Scarf, berbagi pengalaman mengenai perjalanan bisnisnya.

“Saya mulai bisnis ini pada 2019 dengan menjual hijab dan kini merambah ke pakaian jadi. Keikutsertaan saya di UMK Academy adalah untuk meningkatkan wawasan dan mengembangkan bisnis lebih besar. Saya berterima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan kesempatan ini,” ungkap Nancy.

Bunga, pemilik Exotic Bros (Exobroch), juga bercerita tentang bisnisnya yang dimulai sejak 2012 dengan produksi bros dan berkembang pada 2015 dengan menambah produk mukena.

“Motivasi saya mengikuti UMK Academy adalah untuk memperluas pasar, dan saya sangat beruntung bisa lolos seleksi. Harapan saya agar bisnis kami terus berkembang dan berkolaborasi dengan mitra lainnya,” kata Bunga.

Pameran SME Market 2024 tidak hanya menghadirkan produk UMK, tetapi juga berbagai kegiatan menarik seperti talkshow, workshop, dan fun games, serta penghargaan untuk mitra binaan terbaik dalam tiga kategori: tenant terunik, tenant dengan penjualan terbanyak, dan tenant dengan pengunjung terbanyak.

Melalui program UMK Academy dan pameran SME Market 2024, Pertamina Patra Niaga Regional JBB berkomitmen membantu UMK mengembangkan potensi mereka, membuka peluang pasar baru, dan memperkuat daya saing.

Program ini juga sejalan dengan pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) poin 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.***