Tempat Wisata di Surabaya Paling Hits 2023 yang Wajib Dikunjungi, Salah Satunya Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran. (ist)

POJOKJABAR.id – Berbicara tentang tempat wisata alam di Indonesia, Surabaya merupakan salah satu primadona. Di daerah Kota Pahlawan ini, terdapat beberapa wisata alam yang bisa melepas penat para pengunjungnya.


Pengunjung pun tidak perlu khawatir soal akomodasi keberangkatan karena Traveloka menyediakan tiket pesawat murah ke Surabaya.

Jika tertarik berkunjung ke Kota Pahlawan, terdapat beberapa tempat wisata alam di Surabaya yang wajib dijelajahi. Simak daftar wisata alam di Surabaya di bawah ini.

1. Hutan Mangrove Wonorejo


Indah. Itulah kata pertama yang akan terlintas di benak pengunjung saat melihat wisata alam ini pertama kali.

Hutan Mangrove Wonorejo berdiri di atas lahan seluas 200 hektar yang ditata dengan baik sehingga menjadi tempat wisata alam yang indah.

Di tempat ini, terdapat fasilitas perahu yang bisa pengunjung gunakan untuk menyusuri sungai yang bermuara ke Selat Madura. Suasananya sangat tenang dan asri, sehingga cocok untuk melepas penat.

Untuk masuk ke tempat wisata alam ini, pengunjung perlu merogoh kocek seharga Rp25.000 (dewasa) dan Rp15.000 (anak). Untuk menikmati keindahannya secara maksimal, disarankan untuk datang mulai pukul 08:00 hingga 16:00.

2. Hutan Bambu Keputih

Pengunjung yang ingin mendapatkan spot foto menarik di Surabaya, dapat memilih Hutan Bambu Keputih. Hutan Bambu Keputih sebelumnya adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Tempat ini kemudian dijadikan sebuah hutan bambu ala Jepang untuk menambah lahan terbuka hijau di Surabaya.

Kabar baiknya, pengunjung dapat dengan mudah menemukan hutan bambu ala Jepang ini. Sebab, hanya berjarak sekitar 5 menit dari kampus ITS.

Terdapat pula fasilitas untuk tempat bermain anak sehingga cocok untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang. Cukup membayar uang untuk biaya parkir saja.

3. Hutan Mangrove Gunung Anyar

Tempat wisata alam yang hijau di Surabaya yang dapat melepaskan penat yaitu Hutan Mangrove Gunung Anyar. Hutan Mangrove Gunung Anyar berdiri di atas lahan seluar 188 hektar dengan suasananya yang asri dan rimbun.

Untuk masuk ke hutan ini, pengunjung bisa menaiki perahu mesin dengan membayar sekitar Rp20.000/orang.

Tak hanya itu, udara yang ada di tempat wisata ini juga sangat menyegarkan. Sungai air payau dan rindangnya pohon bakau di tempat ini akan membuat pengunjung seolah-olah tengah menyusuri Sungai Amazon.

Tak ketinggalan aneka kuliner yang bisa pengunjung nikmati di sini. Hutan Mangrove Gunung Anyar buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00.

4. Pantai Ria Kenjeran

Berbicara soal pantai, Surabaya memang jarang sekali dibahas. Namun, ternyata Kota Pahlawan ini juga memiliki pantai yang layak untuk disinggahi. Namanya adalah Pantai Ria Kenjeran.

Pantai Ria Kenjeran menawarkan panorama laut sekaligus beragam aktivitas seru lainnya. Pengunjung dapat berkuda hingga menonton pertunjukan barongsai di tempat ini.

Jika tertarik datang ke tempat wisata ini, sangat direkomendasikan datang pada sore hari.

Sebab, pengunjung akan mendapatkan pemandangan sunset di tengah Gerbang Samudra Klenteng Sanggar Agung megah, di samping dapat mencoba aneka wahana yang tersedia.

Untuk datang ke tempat ini, hanya butuh sekitar 20 menit berkendara dari pusat kota.

5. Kebun Bibit Wonorejo

Selain Hutan Mangrove Wonorejo, ada pula Kebun Bibit Wonorejo. Tempat wisata alam ini juga cocok untuk melepaskan penat.

Kebun Bibit Wonorejo mulanya adalah taman yang digunakan untuk pembibitan tanaman. Sekarang, Kebun Bibit Wonorejo tidak hanya berisi bibit, tetapi juga telaga dan macam-macam fasilitas seru seperti taman bermain anak dan lintasan jogging.

Pengunjung yang mau membawa anak liburan bisa menjadikan tempat wisata alam ini sebagai pilihan.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner khas Kota Pahlawan di sini. Untuk datang ke tempat wisata alam ini, tidak dipungut biaya sepeser pun atau gratis.

Sangat direkomendasikan untuk datang sejak pukul 08:00 hingga 17:00 agar bisa menjelajahi semua sudut menariknya.

6. Taman Flora Bratang

Ingin melihat satwa rusa untuk pertama kali? Silahkan datang ke Taman Flora Bratang. Seperti halnya Kebun Bibit Wonorejo, Taman Flora Bratang mulanya juga merupakan tempat pembibitan tanaman.

Hanya saja saat ini, fungsinya beralih menjadi tempat rekreasi. Di kawasan ini, pengunjung bisa mengamati aneka flora.

Selain itu, taman ini kerap ramai dikunjungi oleh anak-anak karena ada fasilitas outbond.

Untuk masuk ke Taman Flora Bratang, tidak dipungut biaya. Pengunjung hanya tinggal datang pada jam operasionalnya yaitu mulai dari pukul 06:00 hingga 18:00.

Demikianlah 6 tempat wisata alam di Surabaya yang layak untuk disinggahi. Selain deretan tempat wisata alam di atas, pengunjung juga bisa mampir ke kota-kota di sekitar Surabaya untuk menjelajahi tempat liburan lainnya.

Agar lebih hemat, pengunjung juga bisa beli tiket pesawat murah ke Surabaya di Traveloka untuk berangkat ke seluruh lokasi tersebut. (*/pojokjabar)