Aplikasi Gudang: Cara Menaikan Omset Bulanan Bisnis Perusahaan

Aplikasi Gudang by Mekari.
Aplikasi Gudang by Mekari.

POJOKJABAR.com – Salah satu yang perlu dipertimbangkan oleh banyak pedagang adalah bagaimana cara menyimpan stok produk. Sebab hal tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja karena menyangkut masa hidup barang serta kualitas penyimpanan. sehingga pebisnis memerlukan aplikasi Gudang untuk memudahkan pengawasan terhadap persediaan.


Aplikasi gudang ini tidak hanya dicari oleh pedagang yang memiliki stok banyak tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mereka yang tingkat permintaan produk cukup tinggi. Sehingga seluruh jenis pedagang dapat membantu menyederhanakan proses sambil meningkatkan gaya kompetisinya.

Lalu apakah aplikasi Gudang tersebut hanya dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang saja? Tentu saja tidak. ada banyak benefitnya selain sebagai controlling stock opname. Mari cari tahu penjelasannya terlebih dahulu.

Apa yang Dimaksud Dengan Aplikasi Gudang?


Aplikasi Gudang merupakan salah satu software yang dirancang untuk melakukan berbagai macam proses operasional gudang secara komputerisasi sehingga lebih sederhana.

proses tersebut dimulai dari kedatangan barang dari supplier, penyimpanannya, sampai dengan menentukan proses pengantaran produk tersebut pelanggan.

Aplikasi gudang dapat dipasang pada server atau manajemen dapat memilihnya agar bisa mengaksesnya melalui cloud menggunakan browser. Tetapi ada juga yang dapat dipasang pada telepon genggam terutama mereka yang berkepentingan seperti pemilik bisnis ataupun supervisornya.

Kemudahan yang diperoleh adalah agar setiap pembuat keputusan dapat memiliki informasi tentang stok barang yang ada di gudang secara real-time. Semuanya dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini pun dapat digunakan untuk pengelolaan beberapa gudang yang tersebar.

Kegunaan Aplikasi Gudang

Penggunaan teknologi memang sangat penting dalam kegiatan bisnis. Sebab akan memberikan banyak manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. aplikasi Gudang yang umum digunakan oleh para pedagang biasanya banyak membantu dalam hal menyederhanakan operasional pencatatan barang.

Selain para karyawan tidak perlu lagi memasukkan data secara manual juga sangat menghemat waktu. Pasalnya tidak perlu lagi memeriksa berulang kali barang dan jumlah yang ada pada setiap kali laporan. Karena dengan menggunakan aplikasi gudang semuanya sudah terintegrasi ke berbagai unit yang berhubungan.

Dengan data yang ada tentu saja pengusaha dapat segera mengambil keputusan, karena umumnya pembaharuan informasi yang terjadi selalu real-time dan secara otomatis akan terjadi perubahan juga pada setiap unit. Dengan demikian Setiap keputusan yang dibuat akan akurat.

Optimasi Pengaturan Stok Produk

Aplikasi Gudang akan menyediakan proses inventaris produk yang lengkap bagi pedagang. sehingga dapat langsung mengetahui jumlah stok barangnya tanpa harus mengecek secara fisik. Dengan penggunaannya yang secara optimal maka akan menghindari kelebihan dan kekurangan penyimpanan produk.

Aplikasi ini juga dapat membantu pedagang untuk mengoptimalkan sistem just in time inventory sehingga seluruh permintaan pelanggan dapat dikirim tepat waktu. sebab umumnya terdapat catatan berapa lama waktu tunggu serta ketersediaan stock sesuai dengan kebutuhan.

Mengurangi Waktu Tunggu

Dengan pencatatan secara otomatis maka pedagang dapat melihat berapa stok Aman yang perlu dimiliki untuk suatu barang sehingga tidak kehabisan barang. Umumnya jika akan memesan ke supplier akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Sehingga memerlukan waktu tunggu yang lebih panjang.

Meningkatkan Kualitas Hubungan Supplier dengan Konsumen

Dengan melihat informasi yang ada pada setiap produk barang pedagang dapat membuat kesimpulan apakah supplier yang sekarang bekerja sama mendukung proses ketersediaan barang pada usahanya. Apakah barang datang tepat waktu dan memiliki kualitas yang sesuai dengan keinginan.

Pedagang juga dengan mudah melihat kembali bagaimana riwayat transaksi dengan supplier. Apakah ada kemungkinan untuk mempercepat waktu tunggu nya atau tidak agar kebutuhan dapat terpenuhi dengan cepat. Juga jika terjadi kesalahan tagihan, akan mudah diproses karena memiliki bukti yang lengkap.

Menghemat Biaya Operasional

Benefit yang paling dirasakan oleh pedagang ketika menggunakan warehouse application secara optimal adalah penghematan biaya operasional. Memang jika digunakan Sesuai dengan standar operasi prosedur maka dampak jangka panjangnya adalah tidak memerlukan staf khusus untuk membantu menginput barang.

Adapun penghematan biaya operasional yang dapat dilihat oleh para pedagang dari adalah sebagai berikut :

1. Tidak perlu menggaji karyawan yang khusus untuk menginput barang

2. Lebih menghemat tempat karena mengetahui barang mana yang harus dijual terlebih dahulu dan mana yang bisa disimpan lebih lama sehingga mengurangi stok barang kadaluarsa

3. Mengetahui alokasi setiap barang mana yang harus ditempatkan di tempat yang lebih rendah dan mana yang lebih tinggi

4. Mengurangi terjadinya kesalahan penginputan barang karena dilakukan secara otomatis yang berpotensi mengurangi laba

5. Mengurangi kemungkinan kesalahan terjadinya stock opname karena terintegrasi ke seluruh unit yang terkait

6. Mengurangi adanya kesalahan pengiriman pesanan sehingga akan berdampak berkurangnya Biaya pengiriman kembali

7. Dapat membantu untuk menentukan jenis barang serta prediksi untuk rugi dan laba nya

8. Membantu Membuat Keputusan

Keseluruhan informasi yang akan dikumpulkan oleh warehouse application tersebut dapat menjadi suatu data yang selalu terupdate setiap harinya. Dengan demikian perdagangan bisa melihat sewaktu-waktu jika dibutuhkan untuk mengantisipasi kejadian kekurangan stok barang atau bahkan kelebihan.

Keuntungan Penggunaan Aplikasi Gudang

Penggunaan aplikasi gudang yang optimal akan memberi keuntungan tidak hanya dalam segi waktu saja, Tapi juga ada dampak lain yang akan terasa dalam jangka panjang. Keuntungan penggunaan perangkat gudang tersebut adalah sebagai berikut:

Mengetahui Jenis dan Jumlah Barang yang Akan Dijual

Dengan mengetahui informasi banyaknya penjualan setiap item barang maka pedagang dapat mengetahui jenis dan jumlah barang apa yang harus dimiliki dengan ketersediaan yang cukup.

sebab hal ini akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan ketika akan membeli produk tersebut.

Pada umumnya pelanggan akan lebih menyukai pedagang yang memiliki stok produk banyak sehingga dapat diberi kesempatan untuk memilih yang terbaik. Juga menjadi salah satu tempat referensi ketika akan membeli dalam jumlah yang cukup banyak sehingga tidak perlu berpindah lagi ke toko lain.

Identifikasi Barang

Selanjutnya dengan melihat informasi yang terkumpul dalam waktu tertentu pedagang dapat mengetahui barang mana yang paling laku untuk dijual. Juga sebaliknya dengan produk apa yang tidak terlalu banyak peminatnya. Sehingga nantinya pelaku bisnis akan menyediakan barang yang sekiranya mendatangkan laba lebih banyak.

Penilaian Terhadap Kinerja Supplier

Dengan adanya catatan atau fitur khusus pada warehouse application maka pedagang akan mengetahui supplier mana yang memberikan dukungan terbaik. sebab umumnya tersedia catatan yang dapat dijadikan pengingat Apakah penyedia produk tersebut memberikan harga potongan yang wajar serta kedatangan barang yang tepat waktu.

Sebab seringkali hal ini berhubungan dengan kepercayaan pedagang dengan pelanggannya. Terutama bagi mereka yang membutuhkan barang dalam jumlah besar dan untuk dijual kembali. Sehingga membutuhkan kepastian ketersediaan barang pada pedagang yang dipilihnya.

Meningkatkan Kualitas Layanan

Dengan melihat seluruh informasi tersebut maka pedagang dapat menganalisis proses order fulfillment. selanjutnya perlu mengetahui apa saja yang hendak di dilakukan peningkatan pelayanan. Sehingga pelanggan akan lebih puas, dilihat dari sisi ketersediaan barang serta serta kualitas pelayanan.

Kemudahan untuk Pengalokasian

Jika pedagang menganalisis informasi yang ada pada aplikasi gudang maka ia akan mengetahui jumlah banyak barang yang harus disediakan Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membelinya serta luasan tempat yang perlu ada. sehingga secara tidak langsung akan digunakan untuk membantu mengalokasikan banyak hal,

Mengenal Aplikasi Gudang Dari Mekari

Mekari merupakan salah satu developer yang banyak mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan oleh para pedagang.

Baik untuk skala kecil mikro menengah dan besar. Sebab. sistem yang dikembangkan memang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan bantuan tim ahli.

Penggunaan warehouse application yang optimal akan membantu pedagang menghasilkan laba dalam jangka panjang. Oleh karena itu Anda dapat bekerja sama dengan hari yang selalu konsisten untuk mengembangkan berbagai macam perangkat untuk membantu pengusaha kecil berkembang.

Aplikasi Gudang yang dikembangkan oleh mantan mekari dapat berfungsi untuk mengontrol serta mencatat semua aktivitas produk yang keluar dari gudang secara real time. Dengan mengoptimalkan aplikasi ini maka proses tersebut akan menjadi lebih efisien. Ditambah lagi dengan adanya fitur pelacakan lokasi di mana barang tersimpan.

Terdapat banyak manfaat yang akan diperoleh oleh pedagang ketika memaksimalkan aplikasi gudang yang dikembangkan oleh mekari. Benefit yang diterima adalah sebagai berikut:

1. Pencatatan akan lebih mudah karena semuanya dilakukan secara otomatis dan terhubung antara satu unit dengan yang lainnya

2. Pedagang dapat mengatur harga dengan cepat bahkan ketika akan melakukan perubahan karena sudah tersimpan seluruhnya dalam database yang rapi

3. Dengan adanya perubahan informasi secara detail maka pedagang akan melihat bahwa Kapan waktu yang tepat untuk kembali barang pada supplier

4. Pedagang dapat menghindari kelebihan atau kekurangan barang pada saat yang tepat karena seluruh informasi tentang kebutuhan produk tersebut tersedia secara real-time

5. Pemanfaatan warehouse application juga akan memperkecil kesalahan manusia karena tidak perlu melakukan penginputan secara manual

Laporan yang diberikan oleh warehouse application akan membantu pedagang membuat suatu kesimpulan. Sehingga pada akhirnya keputusan yang diambil berdasarkan data tersebut pasti akurat

Jenis Aplikasi Gudang By Mekari

Mengembangkan dua jenis warehouse application yang dapat pedagang peroleh. Keduanya memiliki basis pengerjaan yang berbeda dengan keuntungannya tersendiri. Adapun jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Warehouse application berbasis online adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh matahari dimana pengoperasiannya memerlukan jaringan internet. Keuntungannya adalah seluruh sistemnya akan selalu terhubung dengan visi dan mobile, Selain itu pula seluruh data yang tersimpan pada sistemnya akan dikumpulkan pada cloud.

2. Sementara itu, terdapat pula warehouse application yang bekerja dengan sistem offline. Artinya tidak memerlukan jaringan internet untuk mengoperasikannya. Pedagang harus menginstal aplikasi tersebut ke dalam komputer PC atau perangkat yang memanfaatkannya.

Kelemahannya adalah tidak dapat terhubung ke seluruh unit yang membutuhkan serta data yang diperbaharui tidak dapat diakses menggunakan Smartphone tersendiri. Anda perlu mengaksesnya menggunakan perangkat PC dimana aplikasi tersebut terinstal.

Oleh karenanya banyak yang memilih menggunakan aplikasi gudang berbasis online karena dianggap lebih menguntungkan.

Selain itu juga penyimpanannya yang dikenal akan membuat keamanan lebih terjamin serta pedagang dapat mengaksesnya kapan dibutuhkan.

Segera hubungi tim sales Mekari yang dapat memberikan semua informasi sesuai dengan kebutuhan Terutama yang berhubungan bagaimana mengoperasikan aplikasi gudang tersebut pada sistem yang mungkin saja sudah dibangun sehingga lebih fleksibel.***