Kemenkominfo Bersama DPR RI Gelar Webinar “Membentuk Generasi Cerdas tanpa Narkoba”

Webinar

POJOKJABAR.COM, JAKARTA – Diskusi publik yang diadakan oleh kominfo RI bersama Komisi 1 DPR RI mengangkat tema “Membentuk generasi cerdas tanpa narkoba”. Diskusi ini berlangsung melalui virtual zoom meeting pada hari Senin (12/09/2022).


Diskusi ini dibuka oleh pernyataan dari Pegiat Literasi Digital yakni Bapak Drs. Gungun Siswadi, M.Si bahwa “kita akan segera memasuki masa bonus demografi, dimana masa itu adalah puncaknya kuantitas usia produktif di Indonesia maka menjaga generasi muda untuk menjauhi narkoba adalah sebuah kewajiban”.

Ia juga menyampaikan bahwa era digital hari ini membuat peredaran narkoba semakin luas, yakni melalui media sosial dengan modus hadiah, misalnya memberikan pekerjaan, uang dan lain-lain.

Maka dari literasi digital juga tidak kalah penting untuk menghindari modus tersebut.


Selanjutnya pembicara yang kedua yakni, Anggota Komisi 1 DPR RI yang menyatakan bahwa upaya untuk menjaga generasi muda dari narkoba adalah kampanye bahaya narkoba yang harus di galakkan di sosial media, karena media sosial merupakan cara paling efektif untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas.
terakhir, diskusi itu di tutup dengan pernyataan cerdas seoran pegiat anti narkoba yakni Bapak Razoki Lubis S.Si., M.Kes bahwa ternyata para pengguna narkoba itu tidak berasal dari kalangan yang memiliki IQ tinggi, melainkan mereka yang memiliki EQ dan SQ yang rendah.

“Tidak jarang kita temui pengguna narkoba adalah kalangan pejabat publik, influenser, para pelajar dan mahasiswa yang secara intelektual sudah tidak diragukan lagi” tuturnya.

Ia juga menyampaikan, pemerintah perlu bergeser menangani upaya pencegahan narkoba dengan mengedukasi masyarakat ke arah emosional dan spiritual.(zag/POJOKJABAR.com)