POJOKJABAR.com – Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, menggunakan absensi kehadiran online adalah alternatif terbaik bagi perusahaan dalam mengorganisir para karyawannya.
Jika dibanding alat absen konvensional, platform absensi online jauh lebih unggul dari berbagai segi pertimbangan. Apalagi, aplikasi absensi karyawan di masa kini sangat menjamur, sehingga tidak akan sulit menemukan aplikasi terbaik.
Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi absensi memiliki fitur lengkap dan dapat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Agar tidak bingung, inilah rekomendasinya untuk Anda.
Pengertian Aplikasi Absensi Online
Absensi kehadiran adalah salah satu elemen yang berperan penting dalam setiap perusahaan maupun instansi.
Pasalnya, sistem absensi mampu mengetahui jadwal kehadiran karyawan sekaligus berperan sebagai penunjang dalam memotivasi karyawan agar lebih giat dan produktif dalam bekerja.
Dahulu, banyak perusahaan yang menerapkan sistem absensi berbasis konvensional. Metode absensi yang demikian sebenarnya sangat rawan menimbulkan kecurangan dan sulit untuk dikontrol.
Kekurangan lain dari sistem konvensional adalah rekapitulasi data yang cukup rumit dan membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Oleh karena itu, saat ini hadir aplikasi absensi online yang memudahkan proses absensi bagi karyawan.
Aplikasi absensi online merupakan suatu sistem yang mampu mencatat waktu kehadiran karyawan melalui suatu software yang terhubung dengan internet.
Dalam hal ini, karyawan perlu memasukkan username dan password di software atau aplikasi pada smartphone mereka agar bisa melakukan absensi.
Baca Juga : Tips Mudah Membuat Jadwal Shift Kerja Karyawan dengan Aplikasi Serta Rekomendasinya
Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Kehadiran Karyawan
Ada banyak manfaat yang bisa diraih jika perusahaan mengimplementasikan kebijakan absensi kehadiran online melalui aplikasi. Beberapa manfaat tersebut yaitu:
1. Melatih Kejujuran dan Tanggung Jawab
Penerapan aplikasi absensi akan mengajak karyawan untuk bersikap jujur dan kooperatif. Mereka akan lebih bertanggung jawab dan tidak akan meninggalkan pekerjaan di saat belum waktunya.
Bahkan, kebiasaan menitip absen juga bisa dihindarkan antar sesama rekan kerja. Oleh karena itu, jika menerapkan aplikasi absensi, secara tidak langsung akan melatih kejujuran dan tanggung jawab para karyawan.
2. Mudah dalam Penggunaan
Jangan khawatir jika ada karyawan yang tidak bisa menggunakan aplikasi absensi kehadiran online. Pasalnya, aplikasi absensi kehadiran jenis ini sangat mudah dioperasikan oleh karyawan dari berbagai kalangan usia.
Apalagi, absensi online mampu memberikan laporan data dalam waktu asli. Manajer personalia dapat mengecek data terbaru kapan saja dan di mana saja di aplikasi tersebut.
Meskipun perusahaan tersebut mempunyai cabang yang berbeda-beda, manajer personalia tetap dapat memantau tingkat kedisiplinan para karyawan yang bekerja.
Aplikasi absensi kehadiran ini juga bisa melakukan tracking pada beberapa karyawan yang mangkir tanpa sebab, sehingga perusahaan bisa memberikan tindakan yang tepat untuk karyawan tersebut.
3. Waktu Absensi Lebih Akurat
Seperti yang diketahui, internet memegang peranan penting dalam sistem absensi online. Dengan adanya internet, maka perangkat yang digunakan bisa tersinkron dengan sistem absensi.
Umumnya, smartphone akan menampilkan waktu otomatis yang disesuaikan dengan waktu global, sehingga tidak perlu disesuaikan sendiri.
Dengan begitu, maka jam di smartphone pun juga bisa sesuai dengan laptop yang dipakai di kantor.
4. Lebih Hemat Waktu
Teknologi yang masih tergolong manual tentu mempunyai kekurangan tersendiri bagi sistem yang dimiliki perusahaan. Contohnya, sistem absensi konvensional rentan mengalami titip absen.
Apalagi jika hanya tersedia satu mesin absen saja, maka hal ini dapat memicu antrean yang panjang dan bisa membuat karyawan terlambat masuk kerja.
Oleh karena itu, absensi kehadiran berbasis platform online bisa menjadi solusi terbaik dari permasalahan tersebut. Dengan memakai aplikasi perpesanan, maka bisa diakses oleh smartphone masing-masing karyawan.
Sudah pasti, hal ini akan lebih hemat dari segi waktu. Absen pun bisa dilakukan dari mana saja, bahkan saat Anda sedang melakukan rapat di luar kantor.
Apakah aplikasi absensi rawan kecurangan? Jangan khawatir karena umumnya aplikasi absensi memiliki fitur “Geo Tagging”. Dengan begitu, di mana pun karyawan melakukan absen, manajer HR tetap dapat mengetahuinya.
Baca Juga : Sistem Absen Mobile: Tujuan Penggunaan, Manfaat, Aplikasi Terbaik
5. Biaya Lebih Efisien
Saat memakai absensi manual, Anda perlu memiliki berbagai macam perangkat untuk bisa mendukung sistem tersebut.
Sekalipun perusahaan telah mempunyai banyak karyawan, sudah pasti mesin absensi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah.
Apabila perusahaan ingin menerapkan biaya yang efisien, maka sistem absensi yang dipakai harus berbasis online.
Pasalnya, sistem mutakhir ini hanya memerlukan smartphone yang telah dimiliki setiap karyawan. Alhasil, perusahaan tetap akan mampu memonitor kehadiran karyawan dengan real-time.
6. Mudah Mengelola Absensi Karyawan
Manfaat absensi kehadiran online yang berikutnya yaitu mudah dikelola. Seperti yang diketahui, fungsi dari penggunaan aplikasi absensi ialah mempermudah karyawan dalam melakukan absensi.
Dengan memanfaatkan aplikasi, perusahaan juga tidak perlu lagi bersusah payah untuk membuat laporan absensi secara tertulis atau manual.
Pasalnya, pengelolaan absensi dapat dilakukan dengan mudah karena adanya aplikasi yang user friendly.
7. Dapat Mencegah Lupa Absen
Manfaat absensi kehadiran online yang berikutnya adalah dapat mencegah terjadinya lupa absen.
Apabila menerapkan absensi sistem manual, bisa jadi beberapa karyawan memiliki potensi lupa dalam melakukan absensi saat masuk maupun pulang kerja. Alhasil, absensi kehadiran akan terlewat begitu saja dan tidak tercantum dalam sistem.
Itulah mengapa beberapa karyawan yang terlanjur lupa absen, mau tidak mau harus datang kembali ke kantor hanya untuk melakukan absen.
Namun, jika perusahaan menerapkan kebijakan absensi via aplikasi, tentu risiko lupa tersebut bisa diminimalisir dan karyawan lebih mudah melakukan absensi ketika jam pulang kantor.
8. Terhubung dengan Payroll System
Keunggulan lain dari aplikasi absensi adalah terintegrasi atau terhubung dengan payroll system. Dengan begitu, berbagai elemen penting seperti pembayaran BPJS, gaji, uang lembur, dan lain-lain bisa lebih akurat.
Kemudahan lain yang bisa dirasakan yaitu karyawan bisa melakukan reimbursement, sehingga jumlah tersebut bisa diberikan dengan proses yang lebih cepat.
Baca Juga : Mengenal Inventory System dan Alasan Perlu Menggunakannya di Perusahaan
9. Meningkatkan Produktivitas Karyawan
Banyak orang sepakat bahwa sistem absensi manual cenderung merepotkan. Para karyawan juga merasa kesulitan ketika harus mengajukan jadwal lembur atau cuti.
Pasalnya, karyawan yang hendak mengajukan jadwal cuti umumnya harus mengisi formulir dan meminta tanda tangan persetujuan dari atasannya terlebih dahulu.
Beberapa perusahaan masih menerapkan birokrasi yang cukup rumit karena harus meminta izin kepada lebih dari dua orang atasan.
Dengan memakai absensi kehadiran online, maka karyawan dapat mengajukan cuti atau lembur melalui smartphone saja. Terlepas dari kemudahan tersebut, tentu harus tetap dilakukan berdasarkan izin dari atasan.
Pengajuan cuti tersebut nantinya akan muncul sebagai notifikasi di aplikasi atasan. Dengan begitu, maka aplikasi ini sangat membantu meskipun sedang tidak berada di kantor.
Rekomendasi Aplikasi Absensi Kehadiran Karyawan di Indonesia
Talenta by Mekari merupakan aplikasi absensi Human Resources Information System atau HRIS yang berbasis teknologi cloud.
Software ini memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya untuk melakukan berbagai keperluan absensi.
Pastinya, fitur-fitur dalam software Talenta sangat mobile friendly, sehingga nyaman digunakan melalui smartphone.
Jika para karyawan menggunakan perangkatnya masing-masing untuk melakukan absensi, tentu hal ini akan menambah benefit tersendiri bagi operasional perusahaan.
Penerapan software Talenta by Mekari memungkinkan perusahaan untuk mengelola absensi masuk, monitoring secara real-time, mengontrol jadwal shifting, bahkan rekap kehadiran secara otomatis.
Dengan kata lain, keberadaan software Talenta sangat memudahkan para manajer HR dalam mengontrol jadwal karyawan secara efisien dan akurat.
Software ini juga bertujuan untuk memilih beban kerja di bidang administrasi, terutama di sektor absensi, penggajian, perpajakan karyawan, bahkan performance appraisal.
Berbagai fitur yang terdapat di aplikasi ini tentu sangat menguntungkan bagi karyawan. Contohnya seperti fitur payroll yang menyediakan komponen berupa pajak, bonus, insentif, tunjangan, dan lain sebagainya. Alhasil, penghitungan gaji pun juga lebih praktis dan sederhana.
Baca Juga : Seberapa Pentingnya Penggunaan Aplikasi untuk Absen Online?
Keunggulan Talenta by Mekari
Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Talenta by Mekari bisa disimak di bawah ini:
1. Fitur yang Sangat Berlimpah
Salah satu keunggulan Talenta By Mekari adalah memiliki fitur yang sangat banyak. Contohnya yaitu seperti pinjaman tunai, laman recruitment, cuti custom, pengumuman karyawan, dan masih banyak lagi. Beberapa fitur yang disajikan yakni berikut:
● Fitur payroll: Membantu perusahaan dalam menghitung sekaligus membayar payroll karyawan setiap bulannya. Proses pembayaran pun bisa lebih efektif karena tidak terbatas di kantor.
● Fitur manajemen waktu: Memudahkan tim HR dalam menerapkan otomatisasi cuti atau lembur pada karyawan.
● Fitur absensi mobile: Memungkinkan seluruh karyawan melakukan absensi kehadiran tanpa terbatas ruang dan waktu. Fitur ini juga bermanfaat bagi tim HR untuk memantau absensi karyawan kapan saja.
● Fitur database karyawan: Membantu tim HR dalam mengelola data atau informasi yang terkait dengan karyawan, seperti informasi tunjangan, data personal, fasilitas karyawan, dan lain-lain.
2. Kostumisasi yang Detail
Keunggulan Talenta yang kedua adalah kostumisasinya yang detail. Semua elemen yang dikelola di dalam Talenta dibuat dengan sangat terperinci. Bahkan, Anda juga bisa menciptakan rumus cuti atau rumus denda secara mandiri.
3. CS yang Responsif
Saat ingin mengajukan komplain kepada pihak Talenta, Anda tidak akan berurusan dengan chat BOT yang tidak solutif. Pasalnya, CS Talenta akan siap siaga menampung berbagai keluhan yang Anda ajukan.
Tidak hanya itu, CS Talenta juga akan memberikan solusi atas permasalahan yang Anda hadapi. Pelayanan yang cepat dan responsif menjadi keunggulan tersendiri bagi aplikasi absensi kehadiran yang satu ini.
Aplikasi Talenta sangat sering mengadakan diskon atau promo yang pastinya sangat disukai oleh konsumen. Pasalnya, biaya yang dipatok menjadi lebih terjangkau dari harga aslinya.
Ini merupakan kabar baik bagi perusahaan yang ingin berkembang lebih pesat menuju digitalisasi yang modern. Talenta menjadi software yang tepat digunakan bagi perusahaan skala besar maupun kecil.
Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Bisnis dengan Aplikasi Agar Operasional Berjalan Efektif
4. Cocok untuk Karyawan WFH dan Hybrid
Keunggulan Talenta yang selanjutnya yaitu cocok diterapkan pada kantor yang menerapkan sistem kerja Work from Home (WFH) atau Hybrid.
Saat ini, sudah banyak perusahaan yang memangkas anggaran untuk tempat kerja karena sebagian karyawannya bekerja secara WFH. Selain itu, banyak pula kantor yang menerapkan sistem WFH dan WFO (hybrid) untuk keseimbangan kerja karyawan.
Apapun sistem kerja yang diusung, absensi kehadiran Talenta sangat cocok digunakan sebagai bukti kehadiran karyawan dalam bekerja.
Dengan sistem otomatisasi ya yang mutakhir, maka perusahaan dapat lebih terbantu dalam mengelola daftar hadir karyawan.
Dengan segala pertimbangan yang dijelaskan di atas, sudah pasti Talenta by Mekari adalah solusi terbaik untuk digitalisasi absensi karyawan.
Saatnya menjadi perusahaan yang terdepan dalam melakukan absensi kehadiran dengan memakai layanan Talenta.
Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk memakai layanan ini, kunjungi situs https://mekari.com untuk mencari tahu produk dari Mekari lainnya! ***