POJOKJABAR.com – Absensi karyawan sekarang bisa dilakukan secara mudah dengan aplikasi berbasis online. Aplikasi ini dapat Anda temukan dengan mudah dan dibuat untuk mempermudah sistem absensi karyawan.
Terkadang perusahaan memiliki kendala dalam melakukan absensi terhadap karyawannya. Apalagi jika dilakukan absensi manual yang pastinya akan memakan waktu lebih banyak.
Nah, di sini kami memperkenalkan aplikasi untuk absen online yang akan mempermudah Anda dan perusahaan Anda dalam melakukan absensi terhadap karyawan.
Sebelum itu, Anda harus mengenal apa sih aplikasi untuk absen online itu, apa saja fungsi dan kegunaannya bagi perusahaan, dan keuntungan apa saja yang bisa diperoleh dari penggunaan aplikasi absensi karyawan ini di dalam perusahaan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
Baca Juga : Absensi Mobile Solusi Praktis dalam Mengelola Data Absensi
Pengertian Aplikasi untuk Absen Online
Aplikasi untuk absen online adalah sebuah aplikasi yang memuat informasi absensi yang bisa digunakan untuk memudahkan para karyawan ketika ingin melakukan absensi secara online.
Nah, biasanya aplikasi ini digunakan para perusahaan untuk mempermudah sistem absensi online para karyawannya.
Selain itu dengan adanya aplikasi ini semua jadwal karyawan bisa tersusun dengan rapi dan terorganisir, sehingga akan meminimalisir kesalahan dalam penjadwalan.
Dengan menggunakan aplikasi absensi online, perusahaan akan menghemat waktu dalam pengurutan absensi karyawan dan datanya jauh lebih akurat dibandingkan dengan absensi manual yang memakan waktu cukup lama dan tidak efektif.
Mengapa Perusahaan Perlu Beralih ke Aplikasi untuk Absen Online ?
Tentunya aplikasi absensi karyawan ini akan sangat membantu untuk sebuah perusahaan. Nah, apakah Anda tahu mengapa perusahaan harus beralih dan menggunakan aplikasi untuk absen online ini daripada jenis cara absensi lainnya?
Selain lebih mudah dan akurat, ternyata ada banyak alasan mengapa perusahaan sangat perlu menggunakan aplikasi yang satu ini. Berikut beberapa alasan mengapa harus menggunakan aplikasi yang satu ini.
Baca Juga : Software Attendance Management dengan Bahasa Indonesia akan Membantu Meningkatkan Produktivitas
1. Lebih Praktis Digunakan
Salah satu alasan mengapa jenis aplikasi untuk absen online patut dipilih untuk sistem absensi di perusahaan adalah lebih mudah dijangkau dan digunakan untuk semua karyawan yang ada.
Hanya dengan menggunakan koneksi internet dan smartphone semua karyawan bisa menjangkau aplikasi ini.
Jadi karyawan sudah tidak perlu antri dalam suatu tempat untuk melakukan absensi secara bersamaan yang bisa menimbulkan keterlambatan.
Anda juga bisa melakukan absensi ini dimana pun tempat di perusahaan selama masih terjangkau dengan koneksi internet. Selain itu karyawan juga bisa mengakses laporan absensi mereka selama kurun waktu tertentu kapan saja jika dibutuhkan.
2. Data Absensi Lebih Akurat dan Cepat
Data absensi pastinya harus menunjukan transparansi dan bisa diakses kapanpun tanpa bisa diubah. Dengan aplikasi untuk absen online ada sistem kunci yang tidak mengizinkan siapapun mengedit data Anda.
Nah data ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja tanpa perlu repot mengurus sana sini. Apabila Anda ingin melihat jumlah karyawan yang hadir di hari itu, maka Anda bisa melihatnya pada saat itu juga melalui gadget Anda.
Anda bisa mengakses tanpa perlu menunggu selesai jam kantor. Selain itu aplikasi juga akan mencatat siapa saja yang absen di hari tersebut.
Biasanya karyawan bisa mengajukan izin mendadak kapan saja yang pastinya akan merepotkan jika melakukan absensi biasa.
Menggunakan satu aplikasi ini, semua informasi absen karyawan bisa diketahui perusahan tanpa repot di hari yang sama.
Baca Juga : Pembukuan Warung Kecil untuk UMKM? Begini Cara Mudah Menyusunnya!
3. Mengurangi Biaya untuk Menggunakan Mesin Fingerprint
Dalam sebuah perusahaan pastinya ada banyak yang masih menggunakan sistem absensi menggunakan fingerprint.
Biasanya fingerprint ini digunakan di satu tempat yang sama dan memungkinkan adanya penumpukan absensi karyawan di jam-jam tertentu.
Atau biasanya perusahaan menyediakan lebih dari satu fingerprint yang juga akan menambah biaya untuk pengadaan dan perawatan yang pastinya tidak murah.
Apalagi Anda harus mengolahnya terlebih dahulu jika akan mencari absensi seorang karyawan. Jika Anda menggunakan aplikasi untuk absen online akan jauh memotong jumlah biaya yang digunakan untuk melakukan perawatan mesin fingerprint.
4. Dengan Absensi Bisa Menganalisa Kinerja dari Karyawan
Perusahaan yang bergerak pada bidang tertentu pasti akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi untuk absen online ini.
Apalagi perusahaan yang bergerak di lapangan yang memiliki kantor jauh dari lapangan. Terlebih lagi jika lapangan kerjanya berada di pelosok dan tidak memungkinkan karyawan untuk kembali ke perusahaan induk.
Jika perusahaan masih menggunakan sistem absensi dengan menggunakan fingerprint, maka mau tidak mau karyawan harus pergi ke kantor terlebih dahulu untuk melakukan absensi. Tentu ini sangat tidak efektif dan menyulitkan bagi para karyawannya.
Jika menggunakan aplikasi untuk absen online yang bisa diakses secara real-time, di mana saja dan kapan saja, maka karyawan bisa melakukan absensi walaupun berada di tempat yang jauh dari perusahaan.
Selain itu dengan aplikasi untuk absen online ini, Anda juga melakukan absensi saat sedang melakukan work from home atau remote working.
Karena jauh lebih mudah dijangkau oleh karyawan sehingga karyawan jauh lebih leluasa dalam melakukan pekerjaannya.
Serta tidak ada alasan lagi kesulitan melakukan absensi karena sekarang absensi bisa dilakukan di mana pun karyawan berada. Jadi kinerja karyawan bisa dipantau dan ditingkatkan.
5. Mengurangi Potensi Kecurangan
Melakukan absensi online memiliki keakuratan data lebih dibandingkan dengan jenis absensi lainnya. Data yang digunakan dalam absensi online ini merupakan data real-time dimana pada menit itu akan direkam dalam aplikasi.
Dengan cara ini, karyawan akan minim melakukan kecurangan seperti titip absen. Nah tidak karyawan akan memiliki akun dan kata sandi sendiri jadi tidak akan mungkin jika akun tertukar atau dipakai oleh orang lain.
Selain itu beberapa aplikasi untuk absen online yang sudah dilengkapi dengan perekaman data seperti titik lokasi, jam, pengambilan foto, dan masih banyak lainnya.
Dengan adanya fitur ini potensi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan lebih bisa diminimalisir.
Baca Juga : 9 Alasan Pentingnya Menggunakan Aplikasi Catatan Keuangan
Keuntungan Penggunaan Aplikasi untuk Absen Online
Setelah Anda mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan aplikasi untuk absen online juga mengapa aplikasi ini sangat disarankan untuk digunakan oleh perusahaan, maka sekarang Anda juga harus mengetahui keuntungan dengan menggunakan sistem absensi dengan menggunakan aplikasi ini.
Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan apabila beralih aplikasi untuk absen online ini. Simak semua agar Anda mengetahui keuntungannya secara lebih jelas.
1. Penghematan Biaya Untuk Absensi
Dengan menggunakan aplikasi ini, dana untuk operasional akan jauh lebih kecil apalagi untuk pengadaan sistem absensi seperti fingerprint.
Biasanya perusahaan sering menggunakan sistem absensi fingerprint yang perlu adanya pengadaan dan perawatan alat.
Dengan menggunakan aplikasi untuk absen online ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya perawatan dan pengadaan alat.
Selain itu data yang masuk sudah tidak perlu lagi diolah lagi. Semua data absensi yang masuk akan secara otomatis diolah dan ditampilkan realtime. Anda juga bisa menemukan banyak fitur yang akan memudahkan Anda selama menggunakan aplikasi ini.
Di luar itu, Anda juga tidak perlu menyewa ahli IT untuk membuat software absen dan melakukan pengelolaan serta maintenance. Biaya-biaya ini bisa digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan yang lainnya.
2. Lebih Efisien Digunakan pada Perusahaan Besar
Menggunakan aplikasi untuk absen online akan memberikan banyak kemudahan baik untuk HRD maupun para karyawannya. Bagi HRD, aplikasi ini akan membantu untuk melihat kinerja dari para karyawannya.
Melalui absensi, HRD bisa dengan mudah mengetahui dan mempertimbangkan apakah karyawan ini layak untuk tetap di perusahaan atau dirumahkan.
Sedangkan bagi karyawan, aplikasi ini sangat berguna karena karyawan bisa melihat riwayat kerja dan bisa mengajukan cuti dengan cara yang mudah.
3. Data yang Diberikan Lebih Akurat dan Keamanan Terjamin
Aplikasi untuk absen online punya catatan secara real-time yang akan mempermudah Anda melihat jam kedatangan Anda di kantor.
Nah aplikasi ini punya data yang akurat dan minim terjadi kecurangan karena adanya sistem lock atau kunci jadi data tidak akan bisa diubah dengan sengaja.
Selain itu setiap karyawan punya akun dan kata sandi sendiri-sendiri jadi mau tidak mau mereka melakukan absen secara mandiri. Hal ini akan meminimalisir adanya titip absen.
Anda juga tidak perlu khawatir data absensi akan hilang karena aplikasi sudah menyediakan backup. Apabila data Anda sewaktu-waktu hilang, masih bisa dipulihkan kembali dengan cara yang mudah.
Nah itu tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai aplikasi untuk absen online ini. Ada banyak keuntungan selama penggunaan aplikasi yang satu ini.
Perusahaan tidak perlu repot untuk menyediakan banyak fingerprint di berbagai titik masuk perusahaan yang pastinya akan memakan biaya yang lebih besar untuk pengadaannya saja, belum adanya perawatan dan perbaikan selama penggunaan fingerprint ini. Semua perusahaan wajib tahu dan mulai beralih ke sistem absensi ini.
Di sini kami akan mengenalkan Anda ke sebuah software aplikasi untuk absen online dari Talenta by Mekari.
Baca Juga : Aplikasi Stok Barang: Solusi Mudah Membuat Berbagai Jenis Laporan Stok Barang
Software ini adalah salah satu produk yang bisa Anda temukan dari sekian banyak jenis produk bidang manajemen perusahaan.
Dengan Anda menggunakan aplikasi ini, sistem absensi di perusahaan Anda akan semakin mudah dilakukan dan diolah. Anda bisa menghemat biaya tanpa perlu banyak mesin fingerprint yang dipasang di setiap pintu masuk perusahaan.
Selain itu potensi terjadinya kesalahan input absen manual semakin minim karena semua sudah diolah secara otomatis. Dengan Anda menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa mengelola absensi karyawan dengan lebih cepat dengan budget yang minimal.
Software ini sudah digunakan lebih dari 3.500 perusahaan besar yang menggunakan Talenta untuk manajemen HR-nya.
Ada banyak fitur yang bisa Anda dapatkan selama bergabung dengan talenta. Anda dapat mengakses semua data yang ada kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan Anda.
Akses yang diberikan juga punya standar keamanan berskala internasional jadi sudah terjamin keamanan data di dalamnya.
Penggunaan software ini akan memperlancar informasi dan juga proses kerja jadi jauh efisien dan terintegrasi dalam satu software human resource.
Anda juga bisa melakukan banyak hal dengan menggunakan software Talenta by Mekari ini. Semua kegiatan akan terintegrasi dalam satu software yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja!***