Pilpres 2024, Ini Sebab Ridwan Kamil Lebih Potensial Jadi Cawapres

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil./Foto: Istimewa

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dinilai lebih potensial untuk jadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 nanti.


Hal itu akan sangat menarik bagi siapapun calon presidennya.

Demikian diungkap Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti.

Menurut Ray, setidaknya ada tiga keunggulan Ridwan Kamil jika dimajukan sebagai cawapres.


Pertama, RK lumayan memiliki pengalaman sebagai pejabat negara yang ia mulai sejak dari wali kota Bandung dan sekarang menjadi gubernur Jawa Barat.

“Artinya secara kapasitas Ridwan Kamil memiliki pengalaman yang memadai,” kata Ray Rangkuti seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL (Pojokjabar.com group) sesaat lalu di Jakarta, Senin (27/12).

Kemudian, Ridwan Kamil yang kini memimpin daerah paling padat penduduknya di Indonesia menjadi salah satu tolak ukurnya.

Jika demikian, Ray Rangkuti memprediksi popularitas Ridwan Kamil dan elektabilitasnya sangat diuntungkan oleh jumlah penduduk pemilih di sana.

“Tentu ini merupakan modal yang cukup besar bagi Ridwan Kamil,” ujar Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini..

Selain itu, Ray juga menilai sosok Ridwan Kamil juga mudah diterima oleh semua golongan.

Baik dari aspek usia, golongan, suku, maupun agama.

Dia juga tidak ada ada masalah dengan hampir semua partai politik.

Terlebih, lanjut Ray Rangkuti, apabila Ridwan Kamil dipasangkan dengan sosok kepala daerah lainnya yang kini tengah dibicarakan karena dianggap berlainan arah dengan partai politik (parpol) yang dia naungi.

“Jadi kalau Ridwan Kamil dipasangkan dengan Ganjar Pranowo besar kemungkinan Pilpres akan dimenangkan oleh mereka. Karena hal ini merupakan perpaduan dari hampir semua unsur elektabilitas,” tutup Ray Rangkuti.

Diketahui, sosok sejumlah kepala daerah di Pulau Jawa masuk dalam kelompok potensial untuk menjadi calon presiden (capres) tahun Pemilu 2024 mendatang.

Dari beberapa nama yang ada, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dinilai sebagai figur capres yang fleksibel, lantaran bisa diterima semua poros parpol koalisi pada Pilpres 2024 mendatang. (rmol/pojokjabar)