Arkeolog Temukan Struktur Bangunan di Situs Sambimaya, Begini Kondisinya

struktur Bangunan di Situs Sambimaya./Foto: Istimewa

struktur Bangunan di Situs Sambimaya./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, INDRAMAYU– Ketua TACB Kabupaten Indramayu, Dedy Musashi sangat berharap banyak dengan penelitian arkeologi di Situs Dingkel Sambimaya ini bisa mengungkap jejak peradaban manusia Indramayu pada masa Hindu Budha.

Keterlibatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Indramauu, kata Dedy, sangat dibutuhkan terutama anggaran dalam mempercepat proses pengungkapan peradaban manusia Indramayu tersebut.

Sementara, hingga hari ke 5 ini, ekskavasi arkeologi ini telah membuka sebanyak tiga kotak ekskavasi di situs Dingkel 1. Dalam ekskvasi ini melibatkan sejumlah arkeolog dari Balar Bandung, BPCB Banten, dan TACB Kabupaten Indramayu.

Tim juga melibatkan tenaga lokal untuk membantu proses ekskavasi arkeologi hingga tanggal 9 Juni mendatang.

Diketahui, tim Arkeolog dari Balai Arkeologi Jawa Barat, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten, dan Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Indramayu menemukan struktur bangunan berupa bata susun di kedalaman 1 meter di Situs Sambimaya.

Temuan ini akan terus ditelusuri oleh tim dengan membuat tiga kotak ekskavasi di sekitar lokasi temuan.

Ketua tim penelitian arkeologi Situs Sambimaya Nanang Saptono mengatakan temuan struktur bangunan ini akan kembali dilanjutkan dengan melakukan ekskavasi arkeologi di sekitar lokasi temuan.

“Akan kita telusuri terus arah struktur bangunan yang ditemukan oleh tim ini,” jelas Nanang Saptono, Minggu (30/5).

Nanang menjelaskan untuk memastikan struktur bangunan tersebut, tim kembali membuka kotak ekskavasi di sekitar lokasi temuan.

Selain menemukan struktur bangunan tim arkeolog juga menemukan pecahan gerabah lokal dan bata yang banyak berserakan di temuan struktur.

Sementara, arkeolog dari BPCB Banten Sonny Prasetiya Wibawa mengindikasikan temuan struktur bata di kotak ekskvasi B8 S4 Situa Dingkel 1 ini berdiri sendiri dan tidak terkait dengan temuan sudut di sisi selatan pada ekskavasi bulan desember tahun 2020.

“Nampaknya struktur ini berdiri sendiri. Namun untuk memastikannya kita akan buka kotak ekskavasi baru,” jelas Sonny.

Sonny berharap dengan adanya temuan struktur bangunan dapat menjawab dugaan yang berkembang di masyarakat apakah itu bangunan candi atau bangunan lain. (RC/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds