Begini Kata Ketua MPR RI Soal Isu Aktual Tanah Air

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020./Foto: Istimewa

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com– Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menanggapi berbagai isu aktual yang terjadi belakangan ini di tanah air.

Salah satu yang disoroti pria akrab dipanggil Bamsoet itu yakni maraknya masalah politik uang saat Pilkada serentak 2020.

Menurutnya, banyak pelaporan mengenai politik uang. Namun, dalam laporan tersebut aparat penegak hukum hanya memproses pemberi uang.

Padahal, kata Bamsoet, para kepala daerah dan wakil kepala daerahlah yang seharusnya ditindak lebih lanjut dalam kasus tersebut.

Demikian disampaikan Politisi Partai Golkar itu dalam keterangannya kepada wartawan menanggapi berbagai isu yang terjadi di tanah air, Jakarta, Senin (21/12/2020).

“Praktik politik uang mendominasi bentuk tindak pidana Pilkada 2020, dalam penindakannya baru pemberi uang yang ditindak sedangkan calon kepala-wakil kepala daerah belum diproses secara hukum,” ujarnya.

Oleh karena itu, Bamsoet meminta aparat penegak menindak lanjuti laporan dugaan politik uang tersebut mulai dari pemberi, penerima hingga para kandidat yang terbukti.

Hal tersebut, lanjut Bamsoet sesuai ketentuan dalam pasal dari Undang-Undang No. 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Agar penegakan hukum oleh aparat tidak dinilai tebang pilih dalam pelaksanaannya.

Selain itu, mantan anggota DPR itu juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU)
sosialisasi politik kepada masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai solusi sosialisasi masif di media sosial.

Kemudian, tambah anak buah Airlangga Hartarto itu, juga difokuskan pada penyuluhan tentang sistem, budaya dan segala hal yang menyangkut politik.

“Sehingga diharapkan nantinya sosialisasi politik dapat menjadi magnet untuk mengubah budaya politik uang di negara ini,” pungkas Bamsoet.

(Muf/Pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds