Satgas Covid-19 Ungkap Ancaman Naiknya Kasus Covid-19 Saat Libur Panjang Nataru

Ilustrasi Covid-19/net

Ilustrasi Covid-19/net


POJOKJABAR.com– Ada ancaman naiknya kasus Covid-19 pada libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau Nataru 2020 ini.

Oleh karena itu, upaya pencegahan harus dilaksanakan oleh seluruh pihak. Termasuk agar kesadaran masyarakat juga harus ditingkatkan.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak agar masyarakat selama periode libur kali ini tetap di rumah saja.

Kegiatan di luar rumah apalagi yang menimbulkan kerumunan agar dihindari sementara waktu.

“Akan ada juga libur Hari Raya Natal dan libur Tahun Baru 2021, yang tentunya ini akan berpotensi terjadinya kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan, termasuk juga acara-acara keluarga,” kata Doni.

Doni menyampaikan, dengan tetap di rumah saja maka akan mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Masyarakat harus paham bahwa berdasarkan pengalaman sebelumnya, momen libur panjang kerap kali terjadi peningkatan kasus positif Covid-19.

“Kami mengajak liburan kali ini adalah liburan yang aman, liburan yang juga harus nyaman, tanpa jalan-jalan tanpa bepergian,” jelasnya..

Adapun selain dapat meningkatkan potensi penularan Covid-19, Doni mengingatkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem dalam tiga pekan ke depan. Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya bencana alam.

“Karena kita lihat perkembangan cuaca pada dua tiga minggu yang akan datang, cuaca ekstrem hampir melanda di seluruh wilayah nasional kita sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh BMKG,” ujar Doni.

Sisi lainnya, pemerintah menghimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan 3M.

Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir.

(jpc/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds