Nadiem: Banyak Mendikbud Luar Negeri Terkejut Program Kuota Gratis

Mendikbud Nadiem Makarim (ist)

Mendikbud Nadiem Makarim (ist)


POJOKJABAR.com– Demi mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah meluncurkan program kuota gratis.

Program subsidi kuota gratis diakui membuat banyak negara tertarik untuk mengetahui lebih jauh. Bahkan, ada yang menghubungi dirinya.

Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

“Banyak sekali menteri-menteri pendidikan luar negeri lainnya sangat terkejut dan tertarik bagaimana program pembagian pulsa kuota ini. Mereka melihat ini sebagai inovasi di bidang dunia penanganan Covid,” jelas dia dalam webinar Cerita di Kemenkeu Mengajar, Senin (26/10).

Apresiasi negara lain merupakan buah hasil dari kerja sama antara Kemendikbud dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Apalagi, pembahasan mengenai penyaluran kuota ini begitu cepat terselesaikan.

“Kami melakukan ini dalam empat sampai lima minggu. Belum pernah kita melakukan distribusi sampai 40 juta nomer, lewat nomer hp seperti ini, yang itu cepat terdistribusi,” terangnya.

Dia juga menanggapi beberapa survei yang menyatakan bahwa program kuota gratis sangat membantu masyarakat. Bahkan, 85 persen dari responden survei menyatakan sudah tepat sasaran.

“Tentunnya program ini harus selalu kita sempurnakan. Karena masih ada anak yang belum mendapat kuota. Tapi prosesnya jelas dia harus ke kepala sekolah untu mengkoreksi nomer yang tidak ada,” kata dia.

Atas hal ini, diharapkan program ini bisa diadaptasi untuk hal yang lainnya, seperti penyaluran bantuan sosial. Menurut Nadiem, bisa saja bansos disalurkan melalui nomor ponsel.

“Mungkin bu Menkeu (Sri Mulyani) bisa melihat ini sebagai inovasi. Kalau kita bisa melihat ada digital wallet (dompet digital) dalem nomer ini, ini bisa menjadi pola distribusi bantuan sosial yang luar biasa karena kecepatannya,” pungkas dia.

(jpc/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds