MPR Dorong Pemerintah Tingkatkan Sosialisasi dan Kampanye 3M

Ilustrasi.

Ilustrasi.


POJOKJABAR.com– Agar bisa menekan angka penularan Covid-19, pemerintah gencar mengkampanyekan protokol kesehatan 3M.

Ketua MPR Bambang Soestyo pun mendorong pemerintah meningkatkan sosialisasi dan kampanye kepada 3M.

Yakni wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan wajib mencuci tangan dengan sabun.

“Termasuk perubahan pola perilaku hidup bersih, baik pendekatannya melalui tokoh masyarakat atau tokoh agama ataupun melalui media siar, radio, televisi, ataupun media sosial,” katanya.

Tak hanya bisa memutus penularan Covid-19 di tanah air, tapi gerakan 3M adalah investasi jangka panjang bagi kesehatan masyarakat. “Cuci tangan dengan sabun untuk menghasilkan pola hidup bersih dapat menjadi investasi jangka panjang bagi kesehatan masyarakat, sehingga hal tersebut harus diajarkan dan ditanamkan sejak dini,” ungkapnya.

Meski sosialisasi 3M terus dilakukan, tapi Bambang melihat saat ini masih terbatasnya sejumlah sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan. Seperti masih terbatas tempat cuci tangan. adahal menurut Bambang sarana penunjang adalah sebagai salah satu tatanan perubahan perilaku kehidupan masyarakat.

Oleh sebab itu, mendorong pemerintah pusat meminta seluruh pemerintah daerah melengkapi dan menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan.

“Seperti fasilitas cuci tangan, di tempat-tempat umum atau fasilitas-fasilitas publik yang ramai dan mudah dijangkau,” ujar Bamsoet kepada wartawan beberapa waktu lalu.

(jpc/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds