Pastikan Kawal Kandidat Vaksin, Wiku: Protokol Kesehatan Efektif Cegah Covid-19

Vaksin Covid-19./Foto: Istimewa

Vaksin Covid-19./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com– Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan Pemerintah melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengawal jalannya uji klinis kandidat vaksin Covid-19.

Termasuk mengawas mutu produk melalui sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) hingga produk dinyatakan siap pakai.

“Dan harapannya, nantinya bisa diterbitkan izin edar obat oleh BPOM. Sejauh ini belum ada laporan terkait efek samping serius dari relawan yang mengikuti uji coba klinis,” terangnya.

Ia pun mengingatkan masyarakat terkait vaksin bukanlah solusi utama mencegah penularan Virus Corona.

Penerapan protokol kesehatan, terangnya, jauh lebih efektif menurunkan resiko penularan hingga 80 persen.

“Adaptasi perubahan perilaku memang tidak mudah. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama antar elemen masyarakat dalam upaya pengendalian Covid-19, termasuk dalam program vaksinasi yang akan kita hadapi,” kata Wiku beberapa waktu lalu.

Protokol kesehatan tersebut adalah menerapkan 3M, yakni wajib memakai masker, wajib menjaga jarak, dan wajib mencuci tangam secara rutin.

Nasyarakat, katanya, harus cerdas dan selektif dalam menerima informasi. Sebelum memutuskan menyebarkan informasi yang diterima, harus terlebih dahulu dipastikan kebenarannya.

“Jadi, kami mohon agar masyarakat betul-betul memahami kondisi pandemi Covid-19, sambil mengubah perilaku, memastikan kita bisa bertahan dan menunggu program vaksinasi, sehingga kita bisa terlindungi dengan berbagai cara,” imbuh Wiku.

(mar/pojokjabar/adv)

 

Loading...

loading...

Feeds