KPU: Tahapan Pilkada Serentak Saat Ini Akan Tetap Berlanjut

Ilustrasi Pilkada Serentak

Ilustrasi Pilkada Serentak


POJOKJABAR.com– Mengingat masih tingginya penularan Covid-19 di tanah air, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan beberapa kalangan mengusulkan adanya penundaan tahapan Pilkada serentak.

Menanggapi hal tersebut‎ Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), I Dewa Kade Wiarsa Raka‎ mengatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan tahapan Pilkada yang saat ini sudah berlangsung.

“Dalam hal ini sekali lagi tahapan tetap dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Raka dalam webinar yang digelar KPU, Selasa (16/9).

Raka mengatakan opsi penundaan Pilkada ini sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2020. Aturan tersebut menjelaskan tentang penundaan tahapan sementara Pilkada serentak.

“Saya kira tentang opsi penundaan sudah jelas diatur dalam UU. Mekanismenya siapa para pihak yang kemudian diberikan kewenangan oleh UU untuk mengambil keputusan,” singkatnya.

Sebelumnya, Komnas HAM merekomendasikan kepada pemerintah untuk menunda tahapan pelaksanaan Pilkada serentak.

‎”KPU, pemerintah dan DPR untuk melakukan penundaan pelaksanaan tahapan Pilkada lanjutan sampai situasi kondisi penyebaran Covid-19 berakhir, atau minimal mampu dikendalikan berdasarkan data epidemologi yang dipercaya,” ujar Ketua Tim Pemantau Pilkada 2020 Komnas HAM Hairansyah.

Dengan belum terkendalinya penyebaran Covid-19 bahkan jauh dari kata berakhir saat ini, maka penundaan tahapan Pilkada memiliki landasan yuridis yang kuat.

“Selain itu bila tetap dilaksanakan tahapan selanjutnya, dikhawatirkan akan semakin tidak terkendalinya penyebaran Covid-19 semakin nyata,” katanya.

(jpc/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds