Hari Ini Terjadi Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan Penumbra

POJOKJABAR.com, BOGOR – Hari ini, Sabtu 11 Februari 2017 terjadi Gerhana Bulan Penumbra. Peristiwa ini diketahui dari rilis yang diunggah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika lewat akun Twitter resminya.

Dari rilis tersebut dipaparkan mengenai bagaimana Gerhana Bulan Penumbra itu terjadi. Gerhana Bulan Penumbra merupakan peristiwa ketika Bulan masuk ke bayang- bayang penumbra Bumi, sehingga Bulan masih dapat terlihat dengan cahaya yang lebih redup.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Penumbra Waktu Indonesia Barat (WIB) sendiri terjadi mulai pukul 05:34, puncak gerhana terjadi pada pukul 07:43 dan gerhana akan berakhir pada pukul 09:53.

Selain di Indonesia, negara lain pun bisa mengamati Gerhana Bulan Penumbra. Diantaranya Asia Barat, Eropa, Afrika, Samudra Atlantik dan Amerika Utara serta Selatan bagian Timur. Sementara itu di sebagian besar Asia dan Samudera Hindia, Bulan terbenam saat gerhana berlangsung. Adapun di sebagian besar Amerika, bulan terbit saat gerhana berlangsung.

Hanya saja untuk Samudra Pasifik, Australia dan sedikit wilayah di Asia bagian Timur tidak bisa mengamati seluruh proses Gerhana Bulan Penumbra ini.

Gerhana Bulan Penumbra 11 Februari 2017 ini merupakan anggota ke-59 dari 71 anggota pada seri Saros 114. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 31 Januari 1999. Gerhana ini bakal terjadi lagi pada 22 Februari 2035. Fase-fase Gerhana Bulan Penumbra hari ini, nilai delta T yang digunakan adalah 70,9 detik.

(pojokjabar/lya)

loading...

Feeds