Ridwan Kamil Kunjungi dan Sapa Jemaah Haji Jabar di Mekkah, Sambil Menunaikan Ibadah Haji Atas Nama Eril

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil./Foto: Istimewa

POJOKJABAR.com, MAKKAHGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga Amirul Hajj Jabar mengunjungi penginapan jamaah haji asal Jabar bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Selasa (5/7/2022) malam waktu setempat.


Menurut Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil, kunjungan tersebut bertujuan untuk menyapa dan memastikan jamaah haji asal Jabar mendapatkan pelayanan optimal dan menjalankan ibadah haji dengan khusyuk.

“Tentu, saya hadir ke sini, Pak Bima juga selaku Wali Kota Bogor, punya tugas. Tugas pertamanya karena memimpin Jawa Barat, saya ingin memastikan bapak/ibu tidak kekurangan satu apapun. Kalau ada kurang-kurang, tolong laporkan kepada petugas,” kata Kang Emil.

“Secara umum mayoritas aman terkendali. Ada beberapa yang sakit sebagian akan di-badal-kan karena fisik tidak memungkinkan. Tapi, tim kesehatan sudah mengambil alih dan insyaallah tetap dalam status haji,” imbuhnya.


Kendati pelayanan sudah maksimal dan logistik aman, Kang Emil meminta semua pihak untuk menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya saat puncaknya haji, yakni wukuf di Arafah.

“Logistik aman, makanan aman, secara umum laporan masih aman terkendali. Tapi, puncaknya harus hati-hati, wukuf di Arafah. Juta-juta manusia akan berkumpul,” ucapnya.

Baca: Camat Lembang Pastikan Tiga Orang Warganya Jadi Korban Haji Furoda Masih Ditelusuri

“Yang penting, yang sudah diajarkan dan dilatih waktu di Tanah Air (oleh jamaah), sekarang dipraktekkan,” imbuhnya.

Kang Emil pun meminta kepada jemaah haji asal Jabar untuk fokus beribadah supaya pulang ke Indonesia menjadi haji yang mabrur.

“Kesempatan itu rahasianya Allah SWT. Makanya, cara mensyukurinya adalah menjadi haji mabrur. Jangan mikirin di Bogor kumaha, di Cirebon kumaha, di Bandung kumaha, fokus di sini. Kurangi main hp-nya, hp-nya geser ke aplikasi Al-Qur’an, aplikasi hadis,” ucap Kang Emil yang melaksanakan ibadah haji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril.(arf/pojokjabar)